Salin Artikel

Lalu Lintas ke Pelabuhan Ciwandan Mulai Lengang

Berdasarkan pantauan Kompas.com pukul 10.00 WIB, sepanjang Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon terpantau sejumlah pemudik masih mengarah ke Pelabuhan Ciwandan.

Pemudik dengan barang bawaannya di bagian belakang motornya pun terlihat melaju dengan lancar tanpa ada kemacetan.

Petugas kepolisian terus mengarahkan pemudik untuk berhati-hati di simpang tiga JLS, Ciwandan. Namun, di dalam area buffer zone atau area tunggu penumpang di Pelabuhan Ciwandan sudah dipadati oleh pemudik motor yang menunggu giliran masuk ke dalam kapal.

Ada enam barisan dengan kapasitas 150 unit motor per barisnya.

"Tadi lancar di perjalanan dari Bekasi, berangkat Jam 6 sampai sini Jam 10an," kata Arya Duta (23) ditemui Kompas.com di dalam antrean.

Arya yang akan mudik Kalianda, Lampung Selatan itu mengaku berangkat hari ini untuk menghindari puncaknya kemarin.

"Sengaja hari ini biar engga kena macet. Kemarin kan disini (Ciwandan) padat banget liat di media sosial. Jadi, biar lebih santai aja," ujar dia.

"Yang ke pelabuhan panjang, yang punya tiket Pelabuhan Ciwandan-Bakau bisa ke Ciwandan-Bakau. Bisa langsung ke Lampung,' kata petugas melalui pengeras suara.

Sebanyak tiga kapal bersandar di dermaga Pelabuhan Ciwandan untuk memuat pemudik, salah satunya KMP Rajakarta. Kepadatan pemudik motor biasa terjadi pada malam hingga pagi hari.

Biasanya, pemudik motor dari arah Jabodetabek dan sekitarnya melakukan perjalanan pada malam hari untuk menghindari cuaca panas di perjalanan.

Berdasarkan data rekapitulasi angkutan Lebaran 2024 di Pelabuhan Indonesia Regional 2 Banten, sebanyak 46.110 unit motor menyeberang dari Pelabuhan Ciwandan sejak 3-7 April 2024.

Sedangkan jumlah penumpang motor yang menyerang ke Pelabuhan Bakauheni maupun Panjang sebanyak 65.573 orang

https://regional.kompas.com/read/2024/04/08/123924478/lalu-lintas-ke-pelabuhan-ciwandan-mulai-lengang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke