Salin Artikel

Kapolda Banten Ungkap Penyebab Antrean 15 Km di Pelabuhan Merak

"Terus terjadi kepadatan, tadi itu memang ada sedikit pengantrean. Pengantrean pada saat di Bakauheni, pembongkaran yang tadi mungkin agak terjadi delay," kata Abdul kepada wartawan saat berkunjung di Pelabuhan Merak, Sabtu (7/4/2024).

Menurut Abdul, lancarnya penyeberangan di Pelabuhan Merak juga harus didukung dengan kecepatan proses bongkar muat di Pelabuhan Bakauheni.

"Kita tergantung kapal ya karena persoalan kita di Merak ini tergantung dari Bakauheni jadi berapa lama Bakauheni itu mereka bongkar di sana," ujar Abdul. 

Untuk saat ini, kata Abdul, kapal yang sampai di Pelabuhan Bakauheni hanya melakukan bongkar saja, tanpa memuat penumpang. 

"Jadi polanya kapal tiba bongkar langsung berangkat kembali lagi jadi tidak menunggu penumpang dari Bakauheni. Sudah dilakukan diseleksi tadi kami juga sudah koordinasi dengan pak Dirjen, Bapak Menteri juga sudah mengambil kebijakan itu," sambung Abdul. 

Penyebab lainnya, lanjut Abdul, adanya peningkatan kendaraan dengan signifikan pada puncak arus mudik sesuai prediksi pemerintah pada H-4 dan H-3 Lebaran 2024. 

"Betul-betul terjadi peningkatan nah tentunya kalau misalnya masyarakat paham ada seperti ini itu bisa mengatur penjadwalan untuk mereka berangkat bisa mengantisipasi lebih awal," tandas Abdul. 

https://regional.kompas.com/read/2024/04/07/092336478/kapolda-banten-ungkap-penyebab-antrean-15-km-di-pelabuhan-merak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke