Salin Artikel

Jelang Lebaran, Gas Melon di Pemalang Langka, Tembus Rp 30.000

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang melalui Diskoperindag Kabupaten Pemalang sudah mengusulkan penambahan kuota gas ke Badan Pengaturan Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas).

Informasi yang diperoleh, terdapat 8 Kecamatan di Kabupaten Pemalang yang mengalami kelangkaan gas melon yaitu Kecamatan Watukumpul, Belik, Moga, Pulosari, Randudongkal, Warungpring, dan Kecamatan Bantarbolang.

Seperti yang diungkapkan Waryo (52) warga Desa Belik, Kecamatan Belik mengeluhkan ketersediaan gas melon di warung pengecer ataupun pangkalan.

Meskipun ada, harganya Rp 25.000 bahkan ada yang menjual Rp 30.000.

Waryo yang sehari-harinya berjualan jajanan di kaki lima dekat pasar Belik itu mengeluhkan kelangkaan gas pada saat Minggu pertama bulan puasa.

"Sejak awal puasa sebenarnya gas ukuran 3 kilogram susah dicari, dan pada Minggu-minggu ini gas sangat mahal bisa Rp 30.000 per tabung dan itu pun stoknya hanya sedikit," kata Waryo, Jumat (5/4/2024).

Permintaan penambahan pasokan

Kepada wartawan, Kepala Bidang Perdagangan Diskoperindag Kabupaten Pemalang, Eliyah Puspa Purwati, membenarkan kelangkaan stok gas melon di sejumlah wilayah Kabupaten Pemalang tersebut.

Diakuinya, kelangkaan gas ukuran tersebut sering kali terjadi hampir setiap tahun terutama saat puasa dan menjelang hari raya Idul Fitri.

Hal itu disebabkan tingginya kebutuhan atau permintaan masyarakat. 

"Itu kan memang selalu terjadi kalau mau lebaran karena penggunaannya yang banyak sehingga ada peningkatan permintaan," kata Eliyah.

Dijelaskan Eliyah, data Diskoperindag Kabupaten Pemalang pada Januari 2024, stok tabung gas 3 kg sebanyak 1.165.000 tabung yang tersebar pada 24 agen LPG, dan bulan Februari 2024 meningkat 1.315.760 tabung.

"Untuk menangani kelangkaan ini, kami sebelumnya sudah melayangkan permintaan tambahan stok tabung sebanyak 10 persendari stok saat ini," jelas Eliyah.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/05/223223078/jelang-lebaran-gas-melon-di-pemalang-langka-tembus-rp-30000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke