Salin Artikel

Ada 11 Titik Rawan Banjir di Jalur Pantura, Ini Jalan Alternatifnya

SEMARANG, KOMPAS.com - Polda Jawa Tengah (Jateng) mewaspadai 11 titik rawan banjir yang berpotensi mengganggu arus mudik lebaran 2024.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Sonny Irawan mengatakan, 11 titik rawan banjir yang berimplikasi ke Jalan Pantura ada di Kota Semarang dan Kabupaten Demak.

"Ada 11 titik rawan banjir di Jateng dan yang berimplikasi di jalur Pantura adalah Semarang Kaligawe, dan Demak Karangayar Kudus," jelasnya saat dikonfirmasi, Jumat 5/4/2024).

Dia menjelaskan, Polda Jateng sudah mempersiapkan sejumlah skenario melalui jalur alternatif jika dua Jalan Pantura yang ada di Semarang dan Demak itu tergenang banjir.

"Untuk Semarang, jika terjadi rob maka kita akan alihkan jalur melalui Wolter Monginsidi. Untuk Demak Karangayar yang menjadi dampak tertinggi bencana banjir karena tanggul jebol akan kita alihkan melalui pertigaan Trengguli, Mijen, Welahan sampai dengan Kudus," paparnya.

Data yang dia dapatkan, Jateng akan menjadi konsentrasi pemudik. Untuk itu, Polda Jateng perlu melakukan persiapan secara detail.

Bagi pemudik yang menggunakan roda dua melalui Jalan Pantura juga akan dilakukan pengawalan mulai dari Kabupaten Brebes hingga Rembang.

"Pak Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarankan tidak menggunakan roda dua tapi mobil penumpang atau angkutan. Tetapi jika masih ada kita akan melakukan pengawalan," kata dia.

Selain Jalan Pantura, pemudik yang memasuki wilayah Jateng juga akan melalui Jalan Tol Kalikangkung Semarang.

"Yang akan sampai ke Kalikangkung itu angka 462.000 kendaraan," ujar Sonny.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/05/113904578/ada-11-titik-rawan-banjir-di-jalur-pantura-ini-jalan-alternatifnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke