Salin Artikel

Jadi Titik Rawan, Pemudik Dapat Mampir di Posko Mudik Gombel Semarang, Ada Fasilitas Pijat Gratis

Di posko milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang itu, pemudik bisa beristirahat sambil menikmati pijat elektrik secara gratis.

Kepala BPBD Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, posko ini bertujuan untuk tempat istirahat sementara para pemudik yang kelelahan ketika perjalanan menuju ke arah Solo Raya.

"Untuk kapasitasnya, parkirannya bisa menampung sekitar 200 kendaraan," jelas Endro saat dikonfirmasi, Kamis (4/4/2024). 

Posko tersebut telah disiapkan ambulans, toilet portabel, mushala dan dapur umum untuk makan-minum yang bisa dimanfaatkan oleh pemudik. 

"Semua fasilitas ini kita siapkan 24 jam,” paparnya.

Posko Kemanusiaan Arus Mudik Lebaran 2024 tersebut dibuka pada 3 April hingga 16 April 2024 mendatang.

"Adapun personel yang disiapkan sebanyak 15 orang terdiri dari tujuh anggota BPBD dan delapan relawan," paparnya. 

Dipilihnya Taman Tabanas Gombel sebagai pusat pendirian posko dikarenakan Jalur Gombel merupakan titik rawan di mana pemudik rawan lelah. 

Selain itu, Jalur Gombel merupakan jalur utama bagi para pemudik roda dua yang akan menuju arah Solo Raya.

"Biasanya nanti tanggal 6 atau 5 April sore sudah jadi titik tujuan mereka. Roda empat sekarang kebanyakan melintas di tol dan motor enggak boleh," kata dia.

Endro juga mengingatkan bagi para pemudik untuk selalu memperhatikan informasi cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) ketika akan berangkat berpergian jauh. 

Menurutnya, potensi cuaca ekstrem seperti hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang masih mengintai Kota Semarang hingga sepekan mendatang.

“Kemudian bagi pemudik sepeda motor, pastikan terus badan dalam kondisi prima. Setiap tiga jam jangan dipaksa, ambil waktu istirahat," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/04/190316578/jadi-titik-rawan-pemudik-dapat-mampir-di-posko-mudik-gombel-semarang-ada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke