Salin Artikel

Terkendala Biaya, Korban Gigitan Komodo Dipindahkan dari RS Swasta ke RSUD Labuan Bajo

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, menjelaskan tim SAR gabungan terdiri dari Lanal Labuan Bajo, Satpolairud Polres Manggarai Barat, Basarnas Manggarai dan Bhabinkamtibmas Desa Komodo langsung diberangkatkan menuju lokasi dengan menggunakan Kapal RIB milik Basarnas Manggarai yang dilengkapi dengan peralatan medis darurat.

"Pukul 19.56 Wita, tim SAR gabungan mengevakuasi medis korban ke Pelabuhan Marina Labuan Bajo untuk dibawa ke salah satu rumah sakit swasta di Labuan Bajo menggunakan ambulans," ungkap Ari kepada wartawan di Labuan Bajo, Rabu sore.

Ia mengatakan, korban sempat dirawat di salah satu rumah sakit swasta. Namun terkendala biaya, akhirnya korban dipindahkan ke rumah sakit pemerintah yang ada di Labuan Bajo.

"Terkendala biaya, tadi malam sekitar pukul 00.30 Wita korban dipindahkan dari Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo ke Rumah Sakit Umum Pratama Komodo," katanya.

Sebelumnya, seorang warga Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), bernama Romansyah (39), digigit komodo pada Selasa (2/4/2024).

Ia digigit saat mencari madu di sekitar daerah Loh Ginggo, Pulau Rinca, sekitar pukul 15.00 Wita. Kepala Basarnas Maumere Supriyanto menjelaskan, pihaknya menerima informasi tersebut dari staf Polair Labuan Bajo pukul 17.25 Wita.

"Setelah mendapat informasi, kami langsung kerahkan tim SAR gabungan menuju lokasi kejadian guna melakukan operasi SAR dengan menggunakan RIB Pos SAR Manggarai Barat yang dilengkapi dengan emergency kit dan tandu,” terang Ridwan dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa malam.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/03/201643878/terkendala-biaya-korban-gigitan-komodo-dipindahkan-dari-rs-swasta-ke-rsud

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke