Salin Artikel

Viral, Video Salak Dibuang ke Sungai di Banjarnegara, Ini Penyebabnya

Video tersebut diunggah akun Instagram @banjarnegaraterkini, empat hari lalu. Peristiwa tersebut disebutkan terjadi di Talunamba, Kecamatan Madukara.

Dalam video tampak beberapa warga menurunkan satu per satu keranjang berisi salak dari atas mobil pikap dan membuangnya dari atas jembatan.

Pemilik salak, Pardi mengatakan, terpaksa membuang salak tersebut karena sudah busuk.

"Saya buang karena salaknya sudah busuk," ungkap Pardi yang merupakan pengepul salak asal Desa Talunamba kepada wartawan, Selasa (2/4/2024).

Menurut Pardi, permintaan salak saat ini sedang turun drastis. Dari biasanya 20 ton menjadi 5 ton. Kondisi itu membuat stok salak di gudang membusuk.

"Terlalu lama di gudang, akhirnya saya buang," kata Pardi.

Selain itu, kata Pardi, harga salak saat ini juga sedang turun drastis karena berbarengan dengan musim panen buah-buahan lainnya.

"Kalau yang ukuran besar biasanya Rp 4.000 per kilogram, sekarang hanya Rp 2.000. Malah salak kecil sekarang hanya Rp 500 per kilogram, padahal biasanya bisa sampai Rp 2.000," jelas Pardi.

"Tapi yang sampai ekstrem baru kali ini, sebelumnya tidak pernah," ujar Pardi.

Pardi biasa membeli salak dari para petani di daerahnya. Salak tersebut biasa dikirim ke daerah Jawa Barat dan Jawa Timur.

Untuk diketahui, Banjarnegara selama ini dikenal sebagai salah satu sentra buah salak.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/03/065433678/viral-video-salak-dibuang-ke-sungai-di-banjarnegara-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke