Salin Artikel

Persiapan Mudik Lebaran di Banyumas, Durasi Lampu Hijau ke Arah Timur Akan Diperpanjang

Pada saat arus mudik nanti, arus kendaraan dari arah barat seperti Jakarta maupun Bandung akan mendapatkan prioritas.

Kepala Dishub Banyumas Agus Sriyono mengatakan, di sejumlah persimpangan jalan nasional kerap terjadi antrean panjang pada saat arus mudik maupun balik.

"Kami akan intervensi secara manual, kami ubah siklus waktu lampu hijau, kami tambah bisa 50 detik atau 60 detik. Untuk arus mudik kami prioritaskan kendaraan dari barat," jelas Agus kepada wartawan, Senin (1/4/2024).

Pantauan Kompas.com, persimpangan besar di jalur selatan Banyumas antara lain, Wangon, Rawalo, Buntu dan Sumpiuh.

Sedangkan di jalur tengah antara lain, Ajibarang, Karanglewas, Kalibogor, lima titik di sepanjang Jalan Gerilya Purwokerto dan Sokaraja.

Untuk memperlancar arus kendaraan, lanjut Agus, pihaknya juga akan meminimalisasi persimpangan yang dijaga masyarakat dengan melakukan rekayasa lalu lintas.

Pihaknya juga mengedukasi kepada masyarakat yang menjaga simpang tersebut secara swadaya untuk memprioritaskan kendaraan di jalur utama, sehingga arus lalu lintas lancar.

"Kami edukasi supaya memprioritaskan yang mayor, jangan yang minor. Kami ajari mereka, jangan satu dua kendaraan diseberangkan, kumpulkan dulu, setelah cukup banyak baru dilepas," ujar Agus.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/02/102946478/persiapan-mudik-lebaran-di-banyumas-durasi-lampu-hijau-ke-arah-timur-akan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke