Salin Artikel

Gempa M 4,9 Guncang Gorontalo Dipicu Aktivitas Subduksi Lempeng Laut Maluku

“Tiba-tiba saja gempa kuat menggoyang, kami segera keluar rumah,” kata Nurhayati salah seorang warga Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo, Minggu (24/3/2024).

Setelah dirasakan sudah tidak ada gempa susulan, ia kembali masuk ke rumah bersama anggota keluarganya.

Tidak berapa lama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan siaran pers.

Dalam rilsinya dijelaskan gempa tektonik ini terjadi pada pukul 07.47 Wita. Hasil analisis menunjukkan gempa memiliki parameter M 4,9.

“Episenter gempa terletak pada koordinat -0.24 Lintang Utara dan 123.04 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi 87 km barat daya Bone Bolango pada kedalaman 101 km,” kata Kepala Stasiun Geofisika Manado Tony Agus Wijaya.

Tony menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kedalaman menengah akibat aktivitas subduksi lempeng laut Maluku.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa ini dirasakan di Kabupaten Gorontalo, Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango dengan intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu."

"Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa tersebut,” ujar Tony.

Hingga pukul 08.30 Wita hasil monitoring BMKG menunjukkan 1 gempa susulan dengan magnitude M3,2 (aftershock).

Tony mengimbau masyarakat di wilayah Gorontalo dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tutur Tony.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/24/094737278/gempa-m-49-guncang-gorontalo-dipicu-aktivitas-subduksi-lempeng-laut-maluku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke