Salin Artikel

Mudik Lebaran 2024, Polisi Siapkan 4 "Buffer Zone" Arah Pelabuhan Merak

CILEGON, KOMPAS.com - Pergerakan arus mudik tahun 2024 dari Jawa ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten diprediksi mengalami peningkatan.

Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyiapkan 4 titik lokasi buffer zone atau zona penyangga ke arah masuk Pelabuhan Merak.

Keempat titik itu di rest area Tol Tangerang Merak KM 43A, KM 68A, di lahan PT Munic Line Cikuasa Atas, dan Pelabuhan Indah Kiat.

"Kita siapkan buffer zone untuk menampung kendaraan yang melalui jalan arteri, baik roda dua maupun roda empat," ujar Kepala Korp Lalu Lintas(Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan kepada wartawan di Pelabuhan Merak. Sabtu (23/3/2024).

Aan mengatakan, Pelabuhan Merak menjadi titik krusial yang harus dikelola pergerakan arus lalulintas kendaraan dari arah Jakarta dan daerah lainnya di Pulau Jawa pada periode arus mudik dan balik.

Sebab dengan area parkir kendaraan yang terbatas, kata Aan, penting untuk mengatur volume kendaraan yang akan masuk ke Pelabuhan.

"Strategi yang akan kita lakukan adalah mengatur volume masuk roda dua, roda empat baik kendaraan yang akan masuk ke pelabuhan, karena area terbatas, jadi perlu kita atur," ujar Aan.

Aan menyampaikan, pada arus mudik tahun ini jenis kendaraan dibagi ke tiga pelabuhan.

Ketiganya yakni Pelabuhan Merak difokuskan melayani penumpang pejalan kaki, roda empat atau pribadi dan angkutan umum atau bus.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua dilayani di Pelabuhan Ciwandan.

"Untuk kendaraan barang itu melalui BBJ Bojonegara. Ini satu hal positif, satu kemajuan dari tahun lalu," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/23/173600878/mudik-lebaran-2024-polisi-siapkan-4-buffer-zone-arah-pelabuhan-merak-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke