Salin Artikel

Bakar Lahan 3 Hektar untuk Kebun Sawit, Pria di Rohil Riau Ditangkap

PEKANBARU, KOMPAS.com - Seorang pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhutla) ditangkap polisi, di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, Sabtu (23/3/2024).

Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto mengatakan, pelaku membuka lahan dengan cara dibakar.

"Pelaku berinisial ERG (46). Yang bersangkutan membakar lahan miliknya seluas 3 hektar untuk ditanami sawit," kata Andrian kepada wartawan melalui keterangan tertulis, Sabtu.

Andrian berujar, pelaku diamankan di lokasi karhutla di Dusun Harapan Jaya, Kepenghuluan (desa) Sungai Menasib, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rohil.

Penangkapan bermula ketika adanya laporan dari Bhabinkamtibmas Kepenghuluan Sei Menasib tentang adanya titik api.

Setelah dilakukan verifikasi, kata Andrian, diketahui lahan yang terbakar milik ERG.

"Meski pelaku sempat berupaya memadamkan api, namun, api semakin membesar dan meluas. Dia juga mencoba mencari mesin air untuk memadamkan api, namun tidak berhasil, sehingga kebakaran terus meluas," kata Andrian.

Usai mengamankan pelaku, petugas juga melakukan penyegelan di lokasi karhutla.

"Kami meminta kepada masyarakat, agar tidak membuka atau membersihkan lahan dengan cara dibakar. Apalagi, saat ini memasuki musim panas dan lahan gambut sangat mudah terbakar. Karena itu, jangan sampai membakar lahan," kata Andrian.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/23/132420678/bakar-lahan-3-hektar-untuk-kebun-sawit-pria-di-rohil-riau-ditangkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke