Salin Artikel

Analisis BMKG soal Gempa Blora Magnitudo 2,8 Hari Ini

KOMPAS.com - Gempa magnitudo 2,8 mengguncang wilayah Blora, Jawa Tengah (Jateng) dan sekitarnya pada hari ini, Rabu (20/3/2024) pukul 09.38 WIB.

Episenter atau pusat gempa bumi terletak di koordinat 6.95° LS; 111.46° BT tepatnya di darat pada jarak 5 km arah Timur Laut Blora, Jateng dengan kedalaman 11 Km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

"Gempa Blora M2,8 siang ini diduga dipicu oleh aktivitas Sesar Naik Pati (Pati Thrust)," ujarnya seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (20/3/2024).


Belum ada laporan kerusakan

Gempa di Blora tersebut imbuhnya, dirasakan di daerah Desa Palon, Kecamatan Jepon, Blora dengan III MMI, atau getaran disarakan seperti truk yang melintas.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," bebernya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali kedalam rumah," paparnya.

Selain itu, Daryono juga meminta agar masyarakat selalu memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, yakni:

https://regional.kompas.com/read/2024/03/20/141117278/analisis-bmkg-soal-gempa-blora-magnitudo-28-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke