Salin Artikel

Terbanyak Se-Nasional, 17 Kabupaten/Kota di Sulsel Raih Penghargaan Adipura 2023

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin mengaku bersyukur atas penghargaan Adipura 2023 yang diraih 17 kabupaten/kota di Sulsel.

"Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan masyarakat Sulsel, tabe maraja, selamat dan sukses untuk semua kepada daerah yang meraih penghargaan ini. Sangat membanggakan semua," kata Bahtiar lewat siaran persnya, Jumat (15/3/2024).

Dia mengatakan itu saat mendampingi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Sulsel menyerahkan Adipura kepada para bupati dan wali kota (walkot) di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat.

Adapun 17 kabupaten dan kota di Sulsel yang menerima Adipura, yaitu Palopo, Maros, Luwu Timur, Pinrang, Bantaeng, Kepulauan Selayar, Bulukumba, Wajo, Makassar, Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Barru, Parepare, Sidrap, Soppeng, Enrekang, Bone dan Sinjai.

"Memang bahagia sekali kita hari ini, karena dalam sejarah Sulsel baru pertama kali Adipura diborong 17 kabupaten dan kota. Biasa diraih Provinsi Jawa Tengah, daerah yang banyak kabupaten dan kotanya. Jadi kita juara nasional ini," sebutnya.

Menurut Bahtiar, Adipura memiliki banyak aspek penilaian karena didukung oleh rakyat, lingkungan sosial, dan pemerintahannya.

"Piagam ini sekaligus mengandung tanggung jawab mempertahankan ini," ucapnya.

Dia mengatakan, Pemprov Sulsel mendukung seluruh prestasi terbaik kabupaten/kota, sehingga fungsinya sebagai wakil pemerintah pusat bisa berjalan baik.

Tak lupa, Bahtiar mengapresiasi jajaran bupati dan walkot di Sulsel yang telah menjalankan sinergitas dan koordinasi yang baik dengan Pemprov Sulsel.

"Selain bupati dan walkot, ada juga dukungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), serta jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda)," tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/15/212343778/terbanyak-se-nasional-17-kabupaten-kota-di-sulsel-raih-penghargaan-adipura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke