Salin Artikel

3 Pelabuhan di Banten Disiapkan Layani Pemudik ke Sumatera Saat Lebaran 2024

CILEGON, KOMPAS.com - Pemerintah telah menyiapkan tiga pelabuhan di Provinsi Banten untum melayani pemudik tujuan Pulau Sumatera.

Ketiga pelabuhan itu yakni Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan, dan Pelabuhan Bojonegara.

Kepastian itu disampaikan Direktur Jendral Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugianto kepada wartawan usai menggelar rapat di Pelabuhan Merak, Kamis (14/3/2024).

"Secara strategi, taktik kita sama dengan tahun 2023. Kita tetap menggunakan selain Pelabuhan Merak, kita menggunakan Pelabuhan Ciwandan dan ada di Bojonegara milik swasta yaitu BBJ (Bandar Bakau Jaya)," kata Hendro.

Dijelaskan Hendro, Pelabuhan Merak akan melayani angkutan penumpang pejalan kaki, kendaraan roda empat, dan angkutan umum atau bus.

Sedangkan Pelabuhan Ciwandan akan dikhususkan melayani penumpang kendaraan roda dua atau motor menuju Pelabuhan Bakauheni.

Kemudian di Pelabuhan Bojonegara, sambung Hendro, akan melayani kendaraan angkutan barang golongan 8 dan 9.

"Untuk golongan 8 dan 9 akan diarahkan ke Pelabuhan BBJ karena di sana disiapkan ada 5 kapal yang mengangkut kendaraan golongan 8 dan 9, yang perharinya bisa mengangkut 600 kendaraan," ujar Hendro.

Dijelaskan Hendro, untuk pembelian tiket penyeberangan di Ciwandan dan Bojonegara bisa melalui aplikasi Ferzy sesuai golongan kendaraannya.

"Nanti pengaturannya ada di tiket ferizy nanti sudah menyebutkan sesuai golongannya di pelabuhan mana, apakah di Merak, Ciwandan, atau di BBJ," ucap dia.

Strategi itu, sambung Hendro, dilakukan guna memperlancar pergerakan arus kendaraan yang akan menuju ke pelabuhan, dan tidak terjadi kepadatan di Pelabuhan Merak.

Hendro juga meminta masyarakat yang akan melakukan penyeberangan untuk membeli tiket H-1 sebelum keberangkatan.

Sebab, pada arus mudik tahun ini diberlakukan radius pemesanan tiket kapal atau geofencing di Pelabuhan Merak sejauh 4,7 kilometer dan 4,2 kilometer di Pelabuhan Bakauheni.

"Di bawah radius itu tidak bisa online ferizy tidak bekerja. Makanya kepada masyarakat sebelum ke pelabuhan untuk menyeberang H-1 sudah punya tiket," tandas dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/14/164949678/3-pelabuhan-di-banten-disiapkan-layani-pemudik-ke-sumatera-saat-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke