Salin Artikel

Resmikan RS Bhayangkara Mimika, Kapolda: Polisi Tak Perlu Lagi Berobat ke Jawa

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Tengah Silwanus Sumule meresmikan Rumah Sakit Bhayangkara Mimika yang diberi nama "RS Dira Cartenz" pada Sabtu (2/3/2024).

Fakhiri mengungkapkan, selama ini anggota polisi yang memerlukan pelayanan kesehatan terpaksa menggunakan fasilitas kesehatan umum atau harus ke Jayapura, Papua, atau ke Jakarta.

"Sekarang polisi tidak perlu lagi berobat ke Jayapura atau ke Jawa sana, di sini sudah ada RS Bhayangkara," ujarnya usai peresmian.

Selain itu, Fakhiri juga menyinggung mengenai penanganan medis untuk personel kepolisian yang terluka akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Menurut dia, selama ini apabila ada anggota yang terluka harus dibawa ke rumah sakit umum atau diterbangkan ke Jayapura.

Dengan keberadaan RS Bhayangkara Mimika, maka personel yang berada di wilayah Papua Tengah cukup ditangani di Mimika.

"Awalnya yang menjadi dasar pembangunan rumah sakit itu untuk membantu, khususnya anggota Polri, mendapat penanganan segera ketika terjadi insiden," kata Fakhiri.

Meski begitu, RS Bhayangkara Mimika itu terbuka untuk masyarakat umum.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Tengah Silwanus Sumule mengatakan, pemerintah siap membantu memenuhi kebutuhan RS Bhayangkara Mimika, seperti pemenuhan dokter spesialis dan obat-obatan.

"Seperti di sini kan angka malarianya tinggi, tinggal menyurat saja ke kita dan kami akan drop, buffer stok obat malaria kami cukup," kata Sumule.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/02/160632878/resmikan-rs-bhayangkara-mimika-kapolda-polisi-tak-perlu-lagi-berobat-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke