Salin Artikel

Gempa M 5.7 Banten Selatan Kejutkan Warga: Guncangannya Cukup Lama

LEBAK, KOMPAS.com - Gempa bumi terjadi di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Minggu (25/2/2024) malam. Goncangan gempa mengagetkan warga saat mereka hendak bersiap untuk beristirahat.

Laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 20.07 WIB tersebut berkekuatan magnitudo 5.7 terjadi di perairan Samudera Hindia berjarak 85 kilometer Barat Daya Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

Gempa bumi tersebut berkedalaman 10 kilometer. Menurut BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami.

Gempa dirasakan oleh warga di Banten Selatan, terutama di sekitar epicentrum gempa di Bayah. Gempa juga dirasakan warga di wilayah utara Kabupaten Lebak.

Ibah (26) warga Kecamatan Maja, Lebak, mengaku merasakan goncangan gempa cukup kuat. Dia yang hendak istirahat di kamar sampai keluar menggendong anaknya.

“Anak saya sudah tidur, kami siap-siap tidur juga tiba-tiba ada terasa goyang, ranjang, dan lemari bunyi kreket-kreket,” kata Ibah saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu (25/2/2024).

Sadar saat yang terjadi adalah gempa, Ibah langsung menggendong anaknya dan berlari keluar kamar.

Menurut dia, gempa getaran gempa terasa beberapa detik, namun cukup membuat panik karena getarannya sangat terasa kencang.

Sementara Kepala Desa Bayah Timur, Rafik Rahmat Taufik mengatakan, warga lingkungan sekitar rumahnya sempat panik dan keluar rumah saat detik-detik gempa terjadi.

“Kejadian 20.07 WIB, walaupun guncangan kecil tapi cukup lama sekitar 10 detik,” kata Rafik.

Rafik mengatakan, saat ini kondisi di sana saat ini sudah berangsur kondusif, warga juga kembali ke kediamannya masing-masing.

“Sekarang kondusif,” beber dia.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizki Pratama mengatakan, gempa terasa di hampir 28 kecamatan di Kabupaten Lebak.

Menurut dia, sementara ini belum ada laporan kerusakan maupun korban dampak dari gempa tersebut.

“Kami masih menunggu laporan dari teman-teman di lapangan, sementara ini kondusif,” kata Febby.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/25/210729478/gempa-m-57-banten-selatan-kejutkan-warga-guncangannya-cukup-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke