Salin Artikel

Akses ke Ujung Kulon dan Geopark Bayah Dome Senilai Rp 175 Miliar Mulai Dibangun

Dua ruas jalan itu Cukumpay-Ciparay yang menjadi akses menuju Geopark Bayah Dome, Lebak dan Sumur-Taman Jaya yang menjadi akses menuju Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Pandeglang.

"Jadi untuk ruas jalan Sumur - Taman Jaya ini selain dengan peningkatan ekonomi, karena disana juga ada kawasan pertanian dan juga jadi pendukung terhadap kawasan wisata, disana juga ada Ujung Kulon," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Banten Arlan Marzan kepada wartawan di kantornya, Kamis (22/2/2024).

Sedangkan untuk ruas jalan Cukumpay-Ciparay ditingkatkan statusnya dari jalan Kabupaten Lebak ke Provinsi tahun 2023.

Ruas jalan itu enjadi akses pendukung menuju kawasan Geopark Bayah Dome yang kini kondisinya masih bebatuan.

"Kawasan kita buka sekarang dan itu juga kedepannya salah satu dukungan terhadap rencana dari geopark Bayah," ujar dia.

Dijelaskan Arlan, dua ruas jalan itu menjadi proyek strategi Pemprov Banten untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di wilayah Banten Selatan Lebak dan Pandeglang.

Arlan menambahkan, pembangunan ruas jalan menggunakan kontruksi beton dengan panjang ruas masing-masing 12,27 kilometer dengan lebar 6 meter.

Dua ruas jalan itu akan dikerjakan oleh kontraktor lokal yakni PT Ris Putra Delta dan Lambok Ulina dengan menggelontorkan anggaran masing-masing Rp87  miliar.

Pekerjaan kontruksi dua ruas jalan tersebut ditargetkan selesai pada akhir tahun 2024.

"Ini juga pekerjaan yang sudah dinantikan masyarakat sehingga kami minta dan akan kami pastikan bahwa pekerjaan ini harus selesai tepat waktu tentu secara mutu harus berkualitas," tandas Arlan.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/22/185208378/akses-ke-ujung-kulon-dan-geopark-bayah-dome-senilai-rp-175-miliar-mulai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke