Salin Artikel

Banjir Bandang di Tambora, Jembatan Putus dan Puluhan Rumah Terendam

BIMA, KOMPAS.com - Jembatan penghubung antardesa putus diterjang banjir bandang di Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (21/2/2024) malam.

Jembatan tersebut berada di jalan lintas Provinsi NTB, salah satu akses penghubung wilayah Kecamatan Sanggar dan Tambora.

Selain mengakibatkan arus lalu lintas lumpuh total, puluhan rumah warga di Desa Labuhan Kenanga terendam dan satu rumah rusak tergerus banjir di Desa Oi Panihi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Isyrah menyampaikan, bencana alam itu terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah Tambora sejak Rabu (21/2/2024) dini hari kemarin.

"Intensitas hujan cukup tinggi dan lama di wilayah Tambora, sehingga menyebabkan banjir dan satu jembatan putus," kata Isyrah saat dikonfirmasi, Kamis (22/2/2024).

Isyrah mengatakan, dari tiga desa yang terdampak bencana alam tersebut, ada 10 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya terendam di Desa Labuhan Kenanga. Selain itu, bangunan sekolah ikut terdampak sehingga membuat aktivitas belajar mengajar terganggu.

Sementara di Desa Oi Panihi, tembok rumah milik Nurdin yang berada di bantaran sungai jebol dihantam derasnya arus banjir.

"Desa Kawin Toi ada satu jembatan yang putus, sedangkan untuk lahan pertanian masih dalam pendataan," ujarnya.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam peristiwa ini.

Saat ini, petugas BPBD bersama para pihak terkait tengah melakukan proses pendataan, termasuk penanganan tanggap darurat untuk jembatan yang putus di Desa Kawinda Toi.

"Kami masih melakukan pendataan dan kaji cepat serta penanganan darurat terhadap daerah terdampak," kata Isyrah.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/22/104252978/banjir-bandang-di-tambora-jembatan-putus-dan-puluhan-rumah-terendam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke