Salin Artikel

Beredar Foto Petugas KPPS di Serang Banten Pakai Kemeja Warna Biru Langit, KPU: Sudah Diganti

Pengamatan Kompas.com dari foto yang beredar, seluruh petugas KPPS mengenakan kemeja warna biru langit.

Warna tersebut identik dengan ciri salah satu pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subinto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam foto surat suara pemilihan Capres dan Cawapres nomor urut 2 juga menggunakan kemeja dan warna sesuai dengan kemeja yang digunakan petugas.

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Serang Septia Abdi Gama mengaku sudah mendapatkan informasi tersebut.

Dikatakan Abdi,  KPU sudah memberikan imbauan kepada seluruh  KPPS untuk tidak mengenakan baju dengan warna peserta pemilu.

"Kita juga sama sudah imbau sebetulnya. Penyelenggara pemilu nggak boleh membawa ciri peserta pemilu di TPS, baik itu tanda gambar, warna atau ciri-ciri tertentu," kata Abdi saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (14/2/2024).

Setelah adanya informasi tersebut, KPU Kabupaten Serang melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) telah menegur KPPS agar mengganti pakaiannya.

Sehingga, proses pemungutan dihentikan sementara.

"Sekarang laporan dari anggota di Pamarayan, sudah ganti kostum," ujar Abdi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Serang Furqon mengatakan, petugas KPPS harus menjaga netralitasnya dengan tidak menggunakan atribut atau warna pakaian serupa peserta pemilu.

Furqon menegaskan, saat ini Bawaslu tengah mendalami kasus itu. Jika terbukti ada kesengajaan, mereka terancam terkena sanksi.

"Jika penyelenggara menggunakan seregam menyerupai peserta pemilu bisa kena sanksi etik," kata Furqon.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/14/121301578/beredar-foto-petugas-kpps-di-serang-banten-pakai-kemeja-warna-biru-langit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke