Salin Artikel

Banjir Bandang Terjang 4 Kecamatan di Kota Bima NTB

BIMA, KOMPAS.com - Bencana alam banjir bandang menerjang sejumlah wilayah di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (9/2/2024).

Akibatnya, permukiman warga di empat kecamatan terendam air dengan ketinggian mencapai 50 sentimeter.

Pantauan Kompas.com di Kelurahan Paruga, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, selain merendam permukiman warga, luapan banjir dari aliran Sungai Padolo terlihat menggenangi ruas jalan protokol Kota Bima.

Arus lalu lintas dari arah Kecamatan Mpunda menuju Rasanae Barat bahkan harus dialihkan karena genangan terus air terus meningkat.

Sementara warga terlihat sibuk menyelamatkan barang-barang berharga mereka ke sejumlah lokasi yang tidak terdampak banjir bandang tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima, Gufran menyampaikan, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah ini sejak pukul 15.00 Wita sampai 18.00 Wita.

Akibatnya, sejumlah daerah aliran sungai meluap dan meredam permukiman warga di empat kecamatan, mulai dari Kecamatan Rasanae Timur, Mpunda, Raba dan Kecamatan Rasanae Barat.

"Terjadi hujan dengan intensitas tinggi di hulu sungai sehingga menyebabkan sejumlah wilayah tergenang," kata Gufran saat dikonfirmasi, Jumat.

Gufran mengakui belum bisa memastikan jumlah rumah dan kelurahan yang terdampak bencana alam ini.

Sementara yang sudah terdata ada enam kelurahan seperti di Kelurahan Dodu, Nungga, Oimbo dan Kumbe di Kecamatan Rasanae Timur.

Kemudian Kelurahan Ntobo di Kecamatan Raba dan Kumbe di Kecamatan Mpunda. Sementara kelurahan terdampak di Kecamatan Rasanae Barat masih dalam proses pendataan.

"Terkait wilayah dan kerusakan akibat banjir ini masih dalam proses pendataan oleh anggota di lapangan," ujarnya.

Menurutnya, hujan sudah berhenti di semua wilayah di Kota Bima, namun genangan banjir di wilayah hilir Kecamatan Rasanae Barat terus mengalami peningkatan.

"Keperluan mendesak saat ini membantu evakuasi korban dan menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji," kata Gufran.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/09/204846078/banjir-bandang-terjang-4-kecamatan-di-kota-bima-ntb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke