Salin Artikel

Jokowi Resmikan Proyek Inpres Jalan Daerah di Magelang

MAGELANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek pembangunan empat ruas jalan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (22/1/2024).

Jokowi tiba di lokasi peresmian di Desa/Kecamatan Dukun, Magelang pukul 11.00 WIB. Ia mengenakan setelan kkemeja berwarna putih.

Turut mendampinginya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana.

Jokowi menyampaikan, anggaran Inpres Jalan Daerah tahun 2023 sebesar Rp 14,6 triliun.

Dari jumlah tersebut, Rp 1,36 triliun digelontorkan ke Provinsi Jateng untuk membangun dan memperbaiki 40 ruas jalan dengan total panjang 289,8 km.

Empat ruas jalan yang diresmikan di Kabupaten Magelang memiliki panjang 18,2 kilometer. Proyek ini dibangun dengan total biaya Rp 31,9 miliar.

Keempat ruas jalan tersebut antara lain jalur evakuasi merapi di Desa Kradenan, Kecamatan Srumbung (2,05 km); jalan Muntilan-Keningar (11,9 km); jalan Inpres di Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran (4,45 km); dan jalan Petung-Pakis (4,42 km).

"Kita harapkan dengan dibangunnya jalan ini, tidak dengan aspal tapi dengan beton, akan memberikan keawetan. Karena yang lewat di sini truk-truk pasir yang besar-besar," ucap Jokowi.

"Dan, besok saya akan melihat ruas-ruas jalan yang lainnya," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi sempat membagi-bagikan kaos, buku tulis, dan tas. Masyarakat tampak antusias menerimanya.

Ani (46), warga setempat, mengaku senang mendapat kaos. "Saya senang juga karena disapa langsung Bu Iriana," tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/22/131217678/jokowi-resmikan-proyek-inpres-jalan-daerah-di-magelang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke