Salin Artikel

Wali Kota Semarang Perbolehkan Knalpot Brong, Khusus di Lokasi ini

SEMARANG, KOMPAS.com - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengizinkan masyarakat menggunakan knalpot brong hanya di Sirkuit Mijen Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut menjelaskan, Sirkuit Mijen dapat digunakan oleh masyarakat yang ingin menyalurkan hobi.

"Silakan dipakai untuk tempat penyaluran hobi, monggo. Tapi dengan izin dan sebagainya. Di situ (Sirkuit Mijen) kalau ingin melampiaskan brong-brong di sana, tidak apa-apa kami mengizinkan," jelas Mbak Ita dalam keterangan resminya, Kamis (18/1/2024).

Perempuan yang juga kader PDI-P tersebut mendukung pihak kepolisian khususnya Polda Jateng dan Polrestabes Semarang terkait upaya penertiban knalpot brong pada kendaraan bermotor.

"Pemkot Semarang untuk gencar melakukan sosialisasi terkait dampak-dampak negatif penggunaan knalpot brong," ujar dia.

Oleh karena itu, dia berharap seluruh aktivitas yang bersifat pergerakan lalu lintas tidak menggunakan knalpot yang bising atau tidak standard.

"Tentu saya juga mengimbau kalau sudah aturan ya dipatuhi," paparnya. Menurutnya, selain mengganggu kenyamanan, penggunaan knalpot brong pada kendaraan bermotor juga bisa memicu masalah sosial.

"Kalau ingin balapan, Kota Semarang punya Sirkuit Mijen," imbuh Mbak Ita.

Lebih lanjut, Pemkot Semarang dan Polda Jateng berencana menggandeng komunitas otomotif untuk mengadakan sosialisasi tentang dampak negatif penggunaan knalpot brong.

“Karena sudah aturan, masyarakat wajib mematuhi. Sosialisasi akan dilakukan,” paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/18/151353478/wali-kota-semarang-perbolehkan-knalpot-brong-khusus-di-lokasi-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke