Salin Artikel

Pesta Rakyat Ganjar-Mahfud di Purwokerto Ricuh karena Teriakan Nama Capres Lain, Beberapa Dilarikan ke RS

Akibatnya, sejumlah penonton konser yang menghadirkan NDX AKA dan Tipe X itu harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Banyumas, Sadewo Tri Lastiono mengatakan, acara itu digelar relawan Sahabat Ganjar.

Menurut Sadewo, awalnya konser yang dihadiri lebih dari 40.000 simpatisan Ganjar-Mahfud itu berjalan lancar.

Namun, di akhir acara, ada sekelompok orang yang memprovokasi dengan meneriakkan capres lain.

"Tiga orang yang memprovokasi mau dimassa kemudian dilindungi satgas. Dari tiga orang itu, satu bawa miras dan satunya bawa kunci leter T, sehingga dibawa ke posko," kata Sadewo, kepada wartawan, Jumat (12/1/2024).

Pada saat bersamaan, terjadi provokasi di titik lain. Satgas lantas menuju titik tersebut untuk mengamankan provokatornya.

"Di posko hanya tinggal satu satgas dan dua orang dari pihak luar. Kemudian ada lima orang datang ke posko minta dua orang itu dilepas dan terjadi keributan," ujar Sadewo.

Akibatnya, salah satu satgas yang di posko mengalami patah tulang pada bagian lengan tangan dan kaki.

"Saya mendapat laporan ada satgas yang dibawa ke rumah sakit, saat sampai di IGD ada dia dan satu orang penonton yang kepalanya bocor akibat lemparan botol," kata Sadewo.

Sebelum ia tiba di rumah sakit, juga ada beberapa penonton yang dibawa ke IGD rumah sakit itu karena mengalami pingsan diduga akibat berdesak-desakan. Namun, mereka sudah diperbolehkan pulang.

"Ada juga penonton yang dibawa ke rumah sakit lain, tapi saya tidak tahu berapa jumlahnya," ujar Sadewo.

Kabag Ops Polresta Banyumas Kompol Agus Amjat mengatakan, sejauh ini tidak ada laporan adanya korban yang dilarikan ke rumah sakit.

"Secara umum tidak ada keributan. Kegiatan tadi malam itu merupakan kampanye bentuk lain, sehingga kami melakukan pengamanan di ring 3, yang di lini depan dari pengamanan dalam," ujar Amjat.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/12/142919878/pesta-rakyat-ganjar-mahfud-di-purwokerto-ricuh-karena-teriakan-nama-capres

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke