Salin Artikel

Pemprov Banten Sebut KRL Commuter Line Akan Diperpanjang sampai Stasiun Merak

"Untuk KRL Saya diskusi dengan Pak Dirjen itu rencananya sambung tidak sampai (stasiun) Serang, tapi sampai Merak," kata Kepala Dinas Perhubungan Banten, Tri Nurtopo kepada Kompas.com, Jumat (12/1/2024).

Tri mengatakan, KRL diperpanjang hingga Stasiun Merak karena setiap harinya KA Commuter Line Lokal Merak mengangkut penumpang yang tinggi.

Jika hanya sampai Stasiun Serang, kata Tri, penumpang tidak nyaman harus berpindah dan turun untuk melanjutkan perjalanannya hingga ke Merak atau Rangkasbitung.

"Kata masyarakat, dengan adanya pindah (kereta di Rangkas), kalau dulu dari Merak bisa sampai Tanah Abang, sekarang kan harus ganti kereta di Rangkas. Terutama masyarakat yang biasa belanja bagi dia kurang nyaman," ujar Tri.

"Kereta lokal sekarang setiap pagi itu penuh, biasa masyarakat yang kerja. Apalagi kalau akhir pekan penuh sekali," sambung dia.

Dikatakan Tri, Pemprov Banten menginginkan elektrifikasi secepatnya terwujud baik itu menggunakan double track maupun satu jalur.

Sebab, masyarakat bisa beralih dari kendaraan pribadi menggunakan moda transportasi massal seperti KRL.

Jika realisasi sesuai keinginan Pemprov Banten pada 2026, warga Cilegon dan Serang sudah bisa menikmati KRL.

"Kalau kami berharap tahun 2026 2027 sudah mulai konstruksi, apakah double track atau satu jalur silakan. Tapi belum ada jawaban dari pusat, baru diskusi," kata dia.

Diketahui, hingga saat ini, untuk rute KRL ke barat sudah sampai ke Stasiun Rangkasbitung yang menjadi rute terpanjang sejauh 72,7 kilometer.

Jika nantinya KRL akan sampai ke Serang, maka jarak perjalanan akan mencapai 105 kilometer

https://regional.kompas.com/read/2024/01/12/131329878/pemprov-banten-sebut-krl-commuter-line-akan-diperpanjang-sampai-stasiun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke