Salin Artikel

4 Orang Tewas Dalam Pesta Miras Oplosan di Semarang, Tersangka Belum Ada

SEMARANG, KOMPAS.com- Sepuluh pemuda melakukan pesta miras oplosan di Semarang yang berujung maut.

Akibat pesta miras itu, empat orang meninggal, lima orang sempat menjalani perawatan medis di rumah sakit, dan satu orang masih sakit.

Hingga kini, polisi masih belum menetapkan tersangka kasus miras oplosan yang menggegerkan warga Kuningan, Semarang Utara, pada Kamis (4/1/2024) lalu itu.

Empat orang yang meninggal dalam kasus ini bernama Devi, Hendi alias Pendeng, Andika alias Kimpul, dan Arya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, dua di antara empat korban meninggal berperan mengoplos cairan etanol dengan air mineral dan minuman serbuk.

"Masih saksi semua, nanti ada proses gelar perkara, tentunya ada (yang ditetapkan tersangka). Siapa (tersangka), apakah yang meninggal jadi tersangka, kita tunggu," tutur Wakapolrestabes Semarang AKBP Wiwit Ary Wibowo saat jumpa pers, Rabu (10/1/2024).

Untuk mendalami kasus, pihaknya juga telah mengajukan pemeriksaan laboratorium dari sampel darah dan muntahan dari peminum miras itu.

"Kita tunggu saja perkembangannya, baik itu dari hasil laboratorium atau nanti ada pertimbangan otopsi, kita tunggu saja, karena memang hasil lab dari muntahan dan darah itu belum keluar. Atau pertimbangan lainnya karena nanti akan melalui proses gelar perkara," kata Wiwit.

Sebelumnya diberitakan, empat orang meninggal secara bergilir dari Jumat hingga Minggu usai menenggak miras oplosan pada Kamis malam.

Korban Andika diketahui memesan etanol sebanyak tiga botol berukuran 700 ml dari marketplace online.

Kandungan etanol 70 persen kemudian dicampur dengan 1,5 liter air dan sirup atau minuman serbuk.

 ”Salah satu pengoplos itu mau buka usaha miras, kami ini tester-nya," ujar seorang korban selamat, G (22), Senin (8/1/2024), dikutip dari Kompas.id.

Menurut G, setelah menenggak minuman oplosan tersebut, badannya panas dan lemas.

"Malam itu, 10 orang minum semua, cuma porsinya beda-beda,” ucapnya.

Beberapa hari usai meminum miras oplosan tersebut, G masih merasakan lemas.

Para saksi yang selamat mengaku kapok dan sempat takut mati lantaran mendengar kabar teman-temannya meninggal satu persatu. Mereka mengatakan tidak akan melakukan hal serupa di kemudian hari.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/11/134843778/4-orang-tewas-dalam-pesta-miras-oplosan-di-semarang-tersangka-belum-ada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke