Salin Artikel

5 Kabupaten/Kota di Kalsel yang Berpotensi Banjir, Mana Saja?

BANJARBARU, KOMPAS.com - Curah hujan dengan intensitas tinggi diperkirakan akan turun di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam beberapa hari ke depan.

Perkiraan curah hujan tinggi tersebut berdasarkan dari peringatan dini yang dikeluarkan oleh Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel Raden Suria Fadliansyah mengatakan, peringatan dini potensi banjir dari BMKG tersebut sudah diterimanya.

Menurut BMKG, ada 5 kabupaten/kota di Kalsel yang berpotensi banjir jika intensitas hujan cukup tinggi terjadi. 

"Perinciannya yakni Kota Banjarmasin, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kabupaten Kotabaru, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)," ujar Suria dalam keterangannya, Rabu (10/1/2024).

Suria mengatakan, pihaknya sudah mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di wilayah yang berpotensi banjir untuk meningkatkan kewaspadaan.

BPBD, kata Suria sudah melakukan antisipasi dengan menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana. Termasuk memetakan kecamatan dan desa yang kemungkinan besar terdampak.

"Kami telah menyiagakan tim siaga bencana, tim ini memantau kondisi terkini lapangan, koordinasi dengan aparatur desa maupun kelurahan, menyiapkan evakuasi, menyelamatkan barang penting ke tempat aman," jelasnya.

Selain itu, Suria juga mengingatkan masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah serta mempersiapkan diri menghadapi potensi banjir.

"Seperti menyiapkan siaga makanan, minuman, obat, uang, pakaian, dokumen berharga, dan lainnya," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/10/191102078/5-kabupaten-kota-di-kalsel-yang-berpotensi-banjir-mana-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke