Salin Artikel

Gempa M 5,0 Guncang Laut Banda Maluku Pagi Ini

MALUKU, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan M 5,0 mengguncang wilayah Tanimbar, Maluku pada Selasa (2/1/2024) pukul 6.10 WIB.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,03 derajat LS dan 129,99 derajat BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 179 Km arah BaratLaut Tanimbar, Maluku pada kedalaman 152 km.

Kendati berpusat di laut, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, berdasar lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan gempa menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam slab lempeng banda.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan Geser Naik ( Oblique Thrust )," kata Daryono dalam keterangan resminya.

Hingga pukul 06.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

Sementara berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa ini menimbulkan guncangan di daerah Amahai Maluku Tengah, Dawelor Dawera dan Pulau-Pulau Babar Maluku Barat Daya dengan skala intensitas II - III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," ungkapnya.

Daryono mengimbau, agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," ungkapnya.

Selain itu, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/02/084734478/gempa-m-50-guncang-laut-banda-maluku-pagi-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke