Salin Artikel

Hilang Saat Melaut, Nelayan Asal Alor Ditemukan di Perairan Timor Leste

SIKKA, KOMPAS.com - Yason Mingotu (42), nelayan yang hilang saat melaut di perairan Desa Kolana Utara, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa (26/12/2023), akhirnya ditemukan.

Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan mengatakan, korban ditemukan terdampar di perairan Tibar, Republik Demokratik Timor Leste.

Supriyanto mengungkapkan, informasi penemuan korban ini setelah salah satu anggota keluarga menerima informasi dari warga sekitar bahwa korban ditemukan oleh nelayan Timor Leste.

Setelah menerima informasi tersebut, tim melakukan koordinasi dengan aparat setempat serta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Timor Leste.

"Kami juga berkoordinasi dengan nelayan yang menemukan korban. Dan nelayan itu bernama Francelino Pereira Boavidan," ujar Supriyanto di Maumere, Jumat (29/12/2023).

Supriyanto menerangkan, berdasarkan pengakuan Francelino Pereira Boavidan, saat ditemukan korban dalam kondisi lemas karena logistik sudah habis.

Perahu yang ditumpangi juga dalam keadaan mati mesin.

Korban kemudian dibawa ke rumah Francelino Pereira Boavidan untuk tinggal sementara hingga proses pemulangan selesai.

Supriyanto menuturkan, kejadian bermula ketika korban pergi mencari ikan menggunakan perahu di perairan Desa Kolana Utara pada Selasa (26/12/2023) sekitar 20.30 Wita.

Menurut informasi keluarga, korban seharusnya kembali keesokan hari, namun tak kunjung pulang.

"Telah diupayakan pencarian oleh keluarga korban, namun hasilnya nihil," ujar Supriyanto di Maumere, Kamis.

Keluarga kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Pos SAR Alor.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/29/110324078/hilang-saat-melaut-nelayan-asal-alor-ditemukan-di-perairan-timor-leste

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke