Salin Artikel

Seluruh Pantai di Banten Diprediksi Hujan pada Malam Tahun Baru 2024

Tak terkecuali di kawasan objek wisata pantai mulai dari Anyer, Serang hingga Sawarna, Lebak.

"Diprakirakan hujan ringan hingga sedang. Hujan di prediksi untuk pergantian tahun baru sifatnya di bawah normal dari rata-rata normalnya," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tatang Rusmana kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (28/12/2023).

Dijelaskan Tatang, pada bulan Desember 2023 wilayah Provinsi Banten sudah memasuki musim hujan karena adanya angin muson barat atau angin yang berembus dari arah Asia.

"Seiring periode musim hujan, angin baratan atau monsun Asia membawa masa udara basah masuk ke wilayah Banten," ujar dia.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk mewaspadai kondisi tubuh dan menjaga kesehatan.

Selain itu, potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, badai, longsor, angin puyuh dan gelombang dingin juga patut diwaspadai pada puncak musim hujan.

Untuk puncak musim hujan di wilayah Banten Utara meliputi Serang, Cilegon, Tangerang akan terjadi pada bulan Februari 2024 mendatang.

Sedangkan untuk wilayah Banten Selatan seperti Lebak dan Pandeglang diprediksi puncaknya pada Januari 2024.

"Untuk potensi bencana hidrometeorologi perlu diwaspadai di puncak musim hujan, di mana tiap zona musim memiliki sedikit perbedaan," kata Tatang.

Sementara untuk ketinggian gelombang laut masih tergolong rendah sekitar 0,5 sampai.1,25 meter di pesisir pantai Anyer hingga Tanjung Lesung.

Untuk di Pantau Bagedur hingga Sawarna, Labak ketinggian gelombang laut 1,25 hingga 2,5 meter.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/28/081041578/seluruh-pantai-di-banten-diprediksi-hujan-pada-malam-tahun-baru-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke