Salin Artikel

Banjir di Rokan Hulu Riau, Ratusan Rumah Terendam dan Akses Jalan Terputus

Luapan Sungai Batang Lubuh itu merendam ratusan rumah warga.

Selain itu, akses jalan lintas juga terendam yang membuat arus lalu lintas terputus.

Kepala Kepolisian Resor Rohul AKBP Budi Setiyono mengatakan, intensitas hujan yang tinggi membuat Sungai Batang Lubuh meluap dan berdampak banjir di permukiman warga.

"Rumah warga yang terdampak banjir, saat ini sekitar 500 unit," sebut Budi ketika diwawancarai wartawan di lokasi banjir, Selasa.

Disebutkannya, ratusan rumah warga yang kebanjiran, terdapat di Dusun Lingkungan Tanjung Harapan, Kelurahan Pasir Pengaraian, Dusun Darussalam, Dusun Maratugun, Dusun Sebaya Desa Babussalam.

Lalu, Dusun Tulang Gajah, Desa Pematang Berangan serta Dusun Luba Hilir, Desa Koto Tinggi. Semua daerah ini berada di Kecamatan Rambah.

Selain rumah warga, kata Budi, banjir juga memutus akses jalan lintas Pasir Pengaraian, ibu kota Rohul, menuju Kecamatan Ujungbatu, sehingga petugas mengarahkan kendaraan melewati jalan alternatif.

"Untuk ketinggian banjir bervariasi, 50 sampai 90 sentimeter," sebut Budi.


Budi bersama anggotanya dan TNI serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyisir ke permukiman warga yang terdampak banjir.

Petugas berjalan kaki menerjang banjir untuk memantau kondisi para korban.

Saat itu, kata Budi, tim gabungan mengevakuasi dua orang warga yang terjebak banjir di dalam rumahnya.

"Ada dua orang warga yang kami evakuasi menggunakan perahu karet. Kemudian, dibawa ke tempat yang aman," kata Budi.

Sejauh ini, dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam bencana alam itu. Namun, pihaknya meminta warga untuk selalu waspada.

Di tempat yang sama, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Rambah Kodim 0313/KPR, Kopda Kurni Suhadi mengimbau kepada warga agar tidak mandi atau bermain di lokasi banjir.

"Tadi kami melihat cukup banyak warga, orang dewasa dan anak-anak bermain air di lokasi banjir, sehingga kami minta untuk meninggalkan lokasi dan tetap berhati-hati apabila air naik," ujar Kurni kepada wartawan.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/26/195135578/banjir-di-rokan-hulu-riau-ratusan-rumah-terendam-dan-akses-jalan-terputus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke