Salin Artikel

12 Kecamatan di Aceh Utara Terendam Banjir, 1.424 Warga Mengungsi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Sebanyak 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, terendam banjir pada Selasa (26/11/2023).

Kecamatan terendam banjir yaitu Kecamatan Dewantara, Nisam, Pirak Timu, Lhoksukon, Langkahan, Tanah Luas, Matangkuli, Samudera, Cot Girek, Geureudong Pase, Syamtalira Bayu dan Kecamatan Paya Bakong.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Asnawi, kepada wartawan di lokasi banjir, menyebutkan, saat ini tercatat 1.424 jiwa korban banjir mengungsi. Mereka tersebar di empat titik pengungsian.

“Data sementara terdapat 77 desa dalam 12 kecamatan teredam banjir. Total warga terdampak banjir itu 22.687 jiwa,” kata Asnawi.

Dia mengaku, data tersebut masih berisifat sementara. Timnya masih menghimpun data korban banjir yang diperoleh dari masing-masing camat di Aceh Utara.

Saat ini, ketinggian banjir sekitar 30 sentimeter hingga satu setengah meter. Selain itu, sambung Asnawi, banjir juga sudah mulai merendam kawasan pertanian dan permukiman penduduk.

“Hujan deras sepanjang dua hari terakhir mengakibatkan tiga sungai meluap yaitu Krueng Pirak, Keureuto dan Krueng Peutoe. Sehingga sejumlah kecamatan kita langsung terendam banjir,” katanya.

Dia meminta aparat desa untuk terus berkomunikasi dengan camat dan BPBD Aceh Utara agar memastikan titik pengungsian di masing-masing desa.

“Bantuan masa panik sedang kita distribusikan,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/26/105940478/12-kecamatan-di-aceh-utara-terendam-banjir-1424-warga-mengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke