Salin Artikel

Banyak Sampah di Sungai Martapura, Pemprov Kalsel Luncurkan Perahu Sampah

Perahu sampah tersebut diluncurkan di Desa Sungai Rangas Tengah, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Kalsel, Kamis (14/12/2023).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, peluncuruan perahu itu karena masih banyaknya sampah yang ditemukan di sepanjang aliran Sungai Martapura.

"Ini atas keprihatinan kita bahwa di Sungai Martapura ini masih banyak sekali sampah-sampah berupa bungkusan plastik," ujar Hanifah saat dikonfirmasi, Kamis (14/12/2023).

Setiap perahu sampah, kata Hanifah, dibekali mesin dan tiga tong tempat sampah untuk memudahkan mengangkat sampah ke atas perahu.

"18 perahu sampah ini diperuntukan untuk 18 desa yang ada di Sungai Martapura karena ini memang untuk program Sungai Martapura asri," jelasnya.

Walaupun progam Sungai Martapura Asri sudah dijalankan, namun belum ada data terbaru berapa banyak sampah yang berhasil terangkut.

Menurutnya, fokus saat ini adalah memberikan pemahaman dan sosialiasi kepada masyarakat yang ditinggal di sepanjang Sungai Martapura agar tidak lagi membuang sampah semabarangan.

Selain sampah anorganik, Sungai Martapura masih memiliki masalah lainnya, yaitu eceng gondok yang kerap menggangu tranportasi sungai.

"Selain itu eceng gondok juga lumayan banyak dan itu juga cukup menggangu, baik itu dari sisi transportasi dan juga sisi pariwisata," pungkasnya.

Diluncurkannya 18 perahu sampah diharapkan mampu menekan volume sampah di Sungai Martapura.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/15/094923678/banyak-sampah-di-sungai-martapura-pemprov-kalsel-luncurkan-perahu-sampah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke