Salin Artikel

Gelar Tablig Akbar Merawat Damai di Bumi Intimung, Bupati Wempi: Bukti Keberagaman Umat Beragama

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) Malinau serta 18 instansi serta komunitas di Malinau menggelar tablig akbar dengan tema “Merawat Damai di Bumi Intimung.”

Diberitakan kaltara.tribunnews.com, Rabu (6/12/2023), kegiatan yang dihadiri ratusan muslim tersebut merupakan tablig akbar perdana yang dilaksanakan di Lansekap Prosehat, Panggung Padan Liu Burun, Malinau Hulu, Kota Malinau, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara).

Ceramah agama itu menghadirkan Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mahrusiyah Lirboyo Kiai Haji (KH) Reza Ahmad Zahid atau Gus Reza sebagai penceramah.

Sebelumnya, Pemkab Malinau juga menggelar acara keagamaan di lokasi yang sama untuk memperingati Perayaan Natal Oikumene 2023.  

Dalam sambutannya, Bupati Malinau Wempi Wellem Mawa mengatakan bahwa tablig akbar merupakan bagian dari bukti keberagaman masyarakat di wilayahnya.

"Keberagaman umat beragama di Kabupaten Malinau dibuktikan dengan masyarakat yang hidup berdampingan sehingga dapat bersinergi dengan baik," ujar Wempi.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, konsep moderasi beragama yang diperjuangkan oleh pemerintah Indonesia mencerminkan bagaimana kerukunan umat beragama menjadi agenda nasional yang krusial.

Menurut Wempi, toleransi antarumat beragama merupakan cerminan bagaimana program pembangunan dapat berjalan dengan baik hingga saat ini.

"Tablig akbar Merawat Damai di Bumi Intimung adalah salah satu bentuk dukungan dari Pemkab Malinau untuk menjaga kedamaian dan mendukung program stabilitas nasional, khususnya di wilayah ini," imbuh Wempi.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/08/150355578/gelar-tablig-akbar-merawat-damai-di-bumi-intimung-bupati-wempi-bukti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke