Salin Artikel

3 Remaja Tipu Warga, Modus Open BO di Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP-WH) Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, mengungkap aksi penipuan via aplikasi Michat yang berkedok open booking online (open BO).

Ketiga remaja tersebut yakni AS (17), AG (18), dan AM (16). Seluruhnya warga Kota Lhokseumawe.

Kepala Satpol PP-WH Kota Lhokseumawe, Heri Maulana, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/12/2023) menyebutkan, ketiga remaja berstatus putus sekolah.

“Mereka meyakinkan pelanggannya dengan sistem Cash on Delivery (COD). Jadi, ketemu dengan pelanggan dulu. Sebegitu lihai mereka untuk meyakinkan pelanggan,” katanya.

Setelah itu, mereka akan meminta uang muka untuk biaya transaksi seks tersebut.

“Setelah itu, mereka akan menunjukan salah satu rumah. Padahal rumah itu tidak diketahui siapa pemiliknya. Mereka lalu kabur melarikan diri dengan uang yang telah diberikan oleh pelanggan tadi,” katanya.

Bersama mereka disita uang Rp 800.000 dan telepon seluler.

“Hasil pengakuan pelaku, aksinya tersebut sudah banyak memakan korban. Orangtua para pelaku yang masih di bawah umur ini syok akan perbuatan yang sudah dilakukan anaknya,” tambahnya.

Setelah diintrograsi, petugas memanggil orangtua. Setelah itu ada kesepakatan dilakukan pembinaan di balai rehabilitasi moral selama tiga bulan. Kemudian mereka akan kembali sekolah. 

“Kasus prostitusi semakin marak. Mari sama-sama menjaga lingkungan dan anak kita. Laporkan ke kami jika melihat gelagat mencurigakan,” pungkasnya.

"Masyarakat Kota Lhokseumawe dan sekitarnya dapat berperan aktif dalam mencegah kasus prostitusi. Masyarakat dapat melaporkan kepada Satpol PP-WH jika mengetahui adanya tempat-tempat yang diduga menjadi lokasi prostitusi," tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/07/180017478/3-remaja-tipu-warga-modus-open-bo-di-lhokseumawe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke