Salin Artikel

Sempat Jadi Anggota ISIS, 3 Napiter Lapas Semarang Ikrar Setia dengan NKRI

SEMARANG, KOMPAS.com - Tiga warga binaan terorisme yang berinisial S, ANS, dan YS ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Lapas Kedungpane Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Ketiganya pernah berbaiat dan bergabung dengan kelompok jihadis radikal teror Jamaah Anshor Daulah (JAD), kelompok lokal di Indonesia yang berafiliasi dengan kelompok teror global ISIS.

Dalam acara tersebut, juga dihadiri Kepala Bidang Pembinaan, perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), perwakilan dari Detasemen Khusus 88.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Semarang, Usman Madjid mengatakan, adanya warga binaan teroris yang sudah ikrar NKRI, maka hak-hak mereka sebagai warga binaan tentunya akan diberikan.

"Ini adalah hal khusus, pada konteks kasus terorisme yang menjerat mereka," jelas Usman dalam keterangan resminya, Selama (14/11/2023).

Dia menjelaskan, ikrar tersebut cukup penting karena akan berpengaruh dalam pemenuhan hak ketiga warga binaan teroris tersebut.

"Oleh karena telah berikrar setia NKRI, maka para napiter akan mendapatkan hak-haknya untuk remisi dan pembebasan bersyarat," paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Lapas Kedungpane Semarang, Agung Nurbani menambahkan, pembinaan yang dilakukan warga binaan teroris ditempatkan di sel yang berbeda agar dapat bersosialisasi dengan yang lain.

"Setiap harinya, para warga binaan teroris ini melaksanakan pembinaan berupa kesenian kaligrafi dan membuat beraneka macam gorengan," ujar Agung.

Dalam kesempatan tersebut, dia berharap agar pembacaan ikrar tersebut tidak hanya sebatas dalam ucapan semata.

"Tapi bisa ditanamkan dalam jiwa dan diterapkan dalam tindakan," imbuhnya.

Tiga napiter yang terafiliasi dengan ISIS ikrar setia dengan Indonesia di Lapas Kedungpane Semarang, Jawa Tengah.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/14/173310778/sempat-jadi-anggota-isis-3-napiter-lapas-semarang-ikrar-setia-dengan-nkri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke