Salin Artikel

Update Kebakaran Kawasan Hutan Rinjani, Luas Lahan Terbakar Jadi 130 Hektar

Penanggung Jawab Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) TNGR Lalu Santawana mengungkapkan laporan terakhir pada 3 November 2023, kebakaran semakin meluas hingga 130 hektare.

Padahal saat awal kebakaran pada Senin (31/10/2023), lahan yang terbakar seluas 30 hektare.

"Luas area per 3 November ini yang tebakar 130 hektar," kata Santawana melalui pesan singkat.

Santawana menjelaskan saat ini, api hampir menjalar ke wilayah perkebunan masyarakat dan jalur pendakian.

Namun beruntung api dapat dipadamkan dengan bantuan personil dan hujan turun di tempat tersebut.

"Api yang berada pada lereng bawah yang pergerakannya ke arah perkebunan masyarakat dan jalur pendakian. Beruntung dapat dipadamkan oleh tim dibantu oleh turunnya hujan," kata Santawana.

Menurut Santawana ada dua lokasi api besar yang membakar kawasan hutan Rinjani yang berlokasi di Abangan, Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur.

"Fire spot yang di lereng bagian bawah sudah bisa di padamkan. Sedangkan fire spot yang berada pada lereng bagian atas belum bisa dipastikan karena secara visual masih tertutup kabut," kata Santawana.

Kendala yang dialami petugas pemadam di lapangan adalah kecepatan angin relatif tinggi sehingga kebakaran meluas dengan cepat.

Selain itu vegetasi mudah terbakar, dan kondisi topografi curam serta terjal membuat para petugas kesulitan untuk memadamkan api.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/04/070700178/update-kebakaran-kawasan-hutan-rinjani-luas-lahan-terbakar-jadi-130-hektar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke