Salin Artikel

Sudah 7 Orang Terpapar Cacar Monyet, Pemkot Semarang Lakukan PCR dan Pemusatan Perawatan

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai penyebaran cacar monyet atau monkeypox. 

Hal ini mengingat di Indonesia sudah tercatat ada 7 orang yang terjangkit virus tersebut. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang, Abdul Hakam mengatakan, warga Kota Semarang harus tetap waspada meski kasus cacar monyet masih terjadi di Jakarta. 

"Untuk di Kota Semarang sampai sekarang alhamdulillah kasus cacar monyet belum ada. Tapi ini sudah ada 7 kasus dan semuanya di Jakarta," jelasnya saat dikonfirmasi, Rabu (25/10/2023). 

Meski demikian, Pemerintah Kota Semarang bakal terus melakukan sosialisasi pencegahan agar virus ini tidak merambah ke Ibu Kota Jateng. 

"Saat ini di seluruh kabupaten atau kota semuanya sedang waspada,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu tanda orang berpotensi mengalami cacar monyet adalah demam. Hanya saja gejala itu sedikit berbeda di mana orang akan menggigil, sakit kepala, mengalami kelainan kulit di ketiak dan lipatan tubuh lainnya, serta pembengkakan pada limpa. 

“Satu hal untuk penyebaran, kulit ketemu kulit. Kalau ada kelainan kulit yang dirasakan, sebaiknya jangan mendekati orang dulu. Dan juga hubungan seksual juga bisa menularkan,” paparnya.

Sementara itu, masyarakat bisa melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Hakam memastikan akan segera melakukan penanganan langsung kepada masyarakat jika ada yang terindikasi terjangkit cacar monyet. 

“Antisipasi nomor satu jaga kebersihan dengan rutin cuci tangan. Dan kalau demam kemudian ada kelainan kulit dan pembesaran kelenjar limpa, bisa langsung periksa ke fasilitas kesehatan," imbuh Hakam. 

Selain itu, Pemerintah Kota Semarang akan melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) untuk deteksi virus cacar monyet. 

"Di Semarang akan dirujuk ke RSUP Kariadi. Kalau nggak ya di Jakarta, karena kasusnya nggak banyak dan dipusatkan di satu tempat," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/25/143517278/sudah-7-orang-terpapar-cacar-monyet-pemkot-semarang-lakukan-pcr-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke