Salin Artikel

17,5 Hektar Hutan di Gunung Pegat Wonogiri Terbakar

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Trias Budiono yang dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (13/10/2023) menyatakan kebakaran melanda di empat petak di kawasan hutan Gunung Pegat.

“Empat kawasan hutan yang terbakar berada di petak 40 E seluas 2,5 hektar, petak 40 C-1 seluas lima hektar, petak 41A seluas empat hektar dan petak 41B seluas enam hektar. Total luas kawasan hutan yang terbakar yakni 17,5 hektar,” ungkap Trias.

Ia berujar, kebakaran mulai melanda kawasan hutan Gunung Pegat, Kamis (12/10/2023) sekitar pukul 11.00 WIB. Hingga pukul 23.00 WIB, api belum padam lantaran kawasan hutan yang terbakar berada daerah curam dan sulit terjangkau.

Namun hari ini, kara Trias, api sudah dilaporkan padam. Untuk pemadaman kawasan hutan itu menurunkan personel dari BPBD, Perhutani, polisi, TNI, Damkar Pemkab Wonogiri, relawan dan PMI.

Trias memastikan tidak ada korban jiwa dan korban luka dalam peristiwa kebakaran tersebut. “Laporan sementara tidak ada korban jiwa dan korban luka. Sedangkan jenis tanaman yang terbakar berupa serasah dan ilalang,” tutur Trias.

Untuk memedamkan kebakaran kawasan hutan Gunung Pegat, tim menggunakan alat gepyok. Selain itu mengandalkan empat mobil pemadam kebakaran untuk pemadaman area yang berada dipinggir jalan raya.

Trias menambahkan api diduga dipicu dari puntung rokok. Untuk itu ia mengimbau warga agar tak membuang puntung rokok dan bakar sampah sembarangan.

“Kami mengimbau terhadap kejadian ini warga jangan buang puntung rokok dan membakar sampah di sembarang tempat,” demikian Trias.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/13/112231178/175-hektar-hutan-di-gunung-pegat-wonogiri-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke