Salin Artikel

Gunung Ungaran Terbakar, Pemadaman Dilakukan secara Manual

UNGARAN, KOMPAS.com - Kebakaran terjadi di Gunung Ungaran di wilayah Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Lahan yang terbakar masuk di area milik Perhutani.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang Anang Sukoco mengatakan, kebakaran berlangsung pada Kamis (12/10/2023) pukul 18.00 WIB.

"Api berhasil dipadamkan pukul 22.00 WIB, tapi pagi ini akan dilakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada bara api," kata Anang, Jumat (13/10/2023).

"Pemadaman dilakulan secara manual, untuk luasan lahan yang terbakar masih dalam perhitungan pihak Perhutani," tambah Anang.

Kapolsek Bandungan Polres Semarang Iptu Jarot Drihandoko mengatakan, lahan yang terbakar merupakan wilayah hutan Gunung Ungaran, bukan lahan produktif dan lokasinya jauh dari lahan milik warga.

"Permukiman yang paling dekat dengan titik api adalah Dusun Darum, Desa Candi, akses ke titik api hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki karena lokasi berada di lereng yang curam atau jurang," ujar dia.

"Untuk ke lokasi memakan waktu untuk sampai ke lokasi yang berjarak kurang lebih dua hingga tiga kilometer," kata Jarot.

Jarot mengatakan, sudah berkoordinasi dengan BPBD dan Damkar Kabupaten Semarang terkait kebakaran tersebut.

Sehingga, apabila arah api menuju ke pemukiman warga, dapat langsung mendapat pencegahan.

"Kami juga mengimbau kepada warga di Dusun Kenteng dan Darum untuk terus memantau pergerakan arah rambatan api, sehingga kalau ada kebakaran dapat segera ditangani," ujar dia.

Jarot mengatakan, untuk penyebab kebakaran belum bisa dipastikan.

Namun, diduga kebakaran tersebut akibat gesekan rumput ilalang yang kering terkena panas suhu matahari.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/13/094345778/gunung-ungaran-terbakar-pemadaman-dilakukan-secara-manual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke