Salin Artikel

Dalam 3 Hari, Masinis Temukan Kebakaran Rumput di Dua Jalur Rel Kereta Api

Pasalnya dalam tiga hari terakhir, Pusat Pengendali Operasi KA (Pusdal Opka) Daop 5 menerima laporan adanya kebakaran rumput di dua lokasi berbeda.

"Bahaya, membakar sampah di dekat jalur KA yang masuk ruang manfaat jalan. Bila sampah itu dibakar asapnya bisa mengganggu pandangan masinis," kata Vice President Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat melalui keterangan tertulis, Rabu (11/10/2023).

Daniel mengatakan, pihaknya hari ini menerima laporan dari masinis KA Taksaka (KA 68) relasi dari Gambir-Yogyakarta. Dalam laporan tersebut, ada oknum yang membakar rumput di KM 355+9, petak jalan antara Stasiun Purwokerto-Notog.

Dua hari sebelumnya, Senin (9/10/2023), pihaknya juga menerima laporan kejadian serupa di KM 393+4/5, petak jalan antara Stasiun Maos-Sikampuh.

Selain mengganggu pandangan masinis, kata Daniel, suhu panas pembakaran itu juga bisa merusak kabel optik yang ditanam di bawah tanah sepanjang jalur KA.

"Bila kabel optik rusak maka sinyal akan terganggu dan akan berpotensi bahaya yang dapat mengganggu keselamatan dan keamanan perjalanan KA," jelas Daniel.

Dia juga mengingatkan membuang sampah sembarangan juga bisa menghambat air di drainase dan mengakibatkan banjir. Di sisi lain juga membuat tekstur tanah di sekitarnya gembur dan longsor.

Menurut Daniel, keselamatan dan keamanan perjalanan KA merupakan tanggungjawab bersama.

"Untuk itu mari bersama-sama saling menjaga untuk tidak melakukan tindakan yang dapat memicu potensi bahaya sehingga mengganggu keselamatan dan keamanan perjalanan KA," imbau Daniel.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/11/172322378/dalam-3-hari-masinis-temukan-kebakaran-rumput-di-dua-jalur-rel-kereta-api

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke