Salin Artikel

Penyelundupan 50 Karung Berisi Rokok Berbagai Merek Digagalkan TNI, Hendak Dibawa ke Timor Leste

Komandan Kodim 1622/Alor, Letnan Kolonel Infanteri Amir Syarifudin mengatakan, rokok tersebut rencananya akan diselundupkan ke Timor Leste.

"Ada dua merek rokok yang dimasukan dalam 50 karung. Kita gagalkan penyelundupan itu, siang tadi sekitar pukul 12.00 Wita," kata Amir kepada Kompas.com, Sabtu malam.

Rokok tersebut lanjut dia, rencananya akan dibawa dari Alor ke Timor Leste, melalui jalur laut.

Amir menuturkan, awalnya pihaknya menerima informasi dari warga soal adanya perahu motor yang bukan milik warga Alor, memuat sejumlah karung.

Berbekal informasi itu, sejumlah anggotanya diterjunkan ke lokasi untuk memeriksa. Setelah dicek, ternyata ada rokok.

Diduga warga Indonesia melakukan transaksi dengan pembeli dari Timor Leste di wilayah laut Alor Timur, yakni batas laut antara Indonesia-Timor Leste.

"Barang bukti 50 karung rokok berbagai merk dan juga alat transportasi yang digunakan para pelaku kami amankan, selanjutnya diserahkan ke pihak Bea Cukai," kata Amir.

Namun, karena di Kabupaten Alor tidak ada Bea Cukai, maka dirinya telah berkoordinasi dengan Kepala Bea Cukai Atambua, Kabupaten Belu, NTT, untuk proses lebih lanjut.

Menurut Amir, ini masalah kedaulatan negara, dan perdagangan seperti ini ilegal maka jelas merugikan negara karena tidak ada pajaknya.

"Kami akan serahkan semua barang bukti ke pihak Bea Cukai untuk memprosesnya, apakah berkaitan dengan administrasi atau hukum," kata Amir.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/07/201340178/penyelundupan-50-karung-berisi-rokok-berbagai-merek-digagalkan-tni-hendak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke