Salin Artikel

800 Personel TNI AD Dikirim ke NTT Jaga Perbatasan RI-Timor Leste

Ratusan personel yang dikerahkan itu berasal dari Yonif 742/SWY Nusa Tenggara Barat dan Yonkav 6/Naga Karimata (NK) dari Sumatera Utara.

Para personel ini termasuk satgas intel dan satgas bantuan telah tiba di Pangkalan TNI Angkatan Laut VII Kupang sejak Minggu, 1 Oktober 2023 lalu.

Mereka menggantikan pasukan lain yang telah bertugas di perbatasan selama satu tahun terakhir.

Di NTT, ada empat kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, yakni Kabupaten Kupang, Timor Tengah Utara, Malaka dan Belu.

Komandan Korem 161/Wira Sakti Kupang Brigjen Febriel Buyung Sikumbang mengatakan, Yonkav 6 Naga Karimata menggantikan Yonkav 10/Mendagiri di Sektor Barat, sedangkan Yonif 742/SWY menggantikan Yonif Raider Khusus 744/SYB di Sektor Timur.

“Perintah tugas bagi setiap prajurit TNI Angkatan Darat merupakan sebuah kehormatan, harga diri dan kebanggaan," kata Febriel, Selasa (4/10/2023).

Oleh karena itu, lanjut Febriel, kepercayaan yang diberikan negara kepada Yonif 742/Satya Wira Yudha, Yonkav 6/Naga Karimata, Satgas Intel dan Satgas Bantuan dalam menjaga perbatasan RI-Timor Leste, agar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Febriel berpesan kepada prajurit TNI agar mengoptimalkan pembinaan teritorial, membantu kesulitan masyarakat di sekitar pos dan menghindari pelanggaran sekecil apapun, terutama yang dapat menyakiti hati rakyat.

Dia pun meminta prajurit memahami tugas pokok dan tanggung jawab sebagai satgas pengamanan perbatasan agar tidak terjadi pelanggaran batas wilayah yang dilakukan oleh TNI.

“Laksanakan koordinasi  yang erat dengan penjaga perbatasan dari RDTL Unidade de Patrulhamento de Fronteiras (UPF) sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, jalin kerja sama yang baik dengan instansi terkait dan hindari terjadinya selisih paham dengan satuan tetangga dan masyarakat,” kata dia.

Febriel meminta prajurit TNI agar menanamkan rasa loyalitas, saling menghormati dan pengabdian kepada negara sebagai wujud dari jiwa korsa yang sudah menjadi identitas seorang prajurit.

"Satgas pengamanan perbatasan RI-RDTL merupakan salah satu bentuk operasi militer selain perang seperti tertuang  dalam Pasal 7 ayat 2 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/03/131346578/800-personel-tni-ad-dikirim-ke-ntt-jaga-perbatasan-ri-timor-leste

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke