Salin Artikel

10 Hektar Lebih Lahan Hutan Bukit Soeharto Terbakar

SAMBOJA, KOMPAS.com – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) turut terjadi di hutan Bukit Soeharto, Km 74 Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, pada Kamis (28/9/2023). Api membakar lahan seluas lebih kurang 10 hektar Bukit Soeharto itu.

Kadis Damkar dan Penyelamatan (Disdamkar Matan) Kukar Fida Hurasani melalui Petugas Damkar Samboja, Sahar, mengatakan bahwa api telah muncul sekira pukul 15.00 Wita di Hutan Bukit Soeharto. Api pun membesar lantaran kondisi tengah kemarau.

“Kami sudah himpun data, yang terbakar itu luasnya sekitar lebih kurang 10 hektar. Material yang terbakar merupakan bahan belukar dan pepohonan,” kata Sahar kepada Kompas.com pada Jumat (29/9/2023).

Untuk memadamkan kebakaran tersebut, petugas harus berjibaku dengan api selama lebih kurang 10 jam.

Api pun baru bisa dipadamkan sekitar pukul 23.00 Wita dengan menerjunkan tiga armada damkar dibantu jajaran relawan Batuah dan Universitas Mulawarman.

“Baru jam 23.00 Wita itu sudah padam dan petugas kembali ke pos masing-masing. Api sudah benar-benar padam persis mau perbatasan Loa Janan dan Samboja,” ungkapnya.

Diketahui, kebakaran Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto bukan kali pertama.

Sebelumnya, kawasan Tahura ini pernah mengalami kebakaran pada tahun 2014 dan mengakibatkan kepulan asap mengganggu aktivitas pengendara yang melintas dan masyarakat sekitar.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/29/144853478/10-hektar-lebih-lahan-hutan-bukit-soeharto-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke