Salin Artikel

Diversifikasi Pangan, Warga Flores Timur Diimbau Tak Makan Nasi Tiap Jumat

FLORES TIMUR, KOMPAS.com - Penjabat Bupati Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Doris Alexander Rihi mengimbau warganya untuk tidak mengonsumsi nasi setiap hari Jumat. Imbauan ini dalam rangka diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal.

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor Distan KP.521/610/IX/2023 tentang Gerakan Nona Sari Setia (no nasi satu hari sehat bahagia dan aman) pada hari Jumat menuju Flores Timur sejahtera.

Doris menerangkan, surat edaran ini sebagai upaya mengimplementasikan Peraturan Bupati Flores Timur Nomor 61 Tahun 2017 tentang Penganekaragaman Konsumsi Pangan Lokal di Kabupaten Flores Timur. Selain itu, imbauan itu juga untuk menekan laju inflasi daerah yang berdampak pada kenaikan harga beras.

"Sehingga diimbau kepada seluruh masyarakat Flores Timur pada setiap hari Jumat melakukan diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal dengan suatu gerakan kenyang tidak harus nasi," ujar Doris dalam keterangannya, Senin (25/9/2023).

Doris melanjutkan, surat edaran tersebut telah disampaikan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), camat, lurah, kepala desa, dan pimpinan BUMN dan BUMD di wilayahnya.

Ia mengungkapkan, ada sejumlah alasan mengapa harus ada gerakan kenyang tidak harus nasi. Di antaranya, antisipasi krisis pangan dan ancaman kekeringan, penyediaan pangan alternatif sumber karbohidrat lokal non-beras, menggerakkan sektor ekonomi masyarakat.

Lalu, mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, aktif dan produktif melalui kecukupan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.

"Surat edaran ini sudah dikeluarkan sejak 21 September 2023," pungkas Doris.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/25/105057978/diversifikasi-pangan-warga-flores-timur-diimbau-tak-makan-nasi-tiap-jumat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke