Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Siswa di NTT Tak Lagi Masuk Sekolah Pukul 05.30 Pagi | Soal Rempang, Istri Wawalkot Batam Diperiksa Polisi

Setelah kebijakan tersebut dicabut, kini jam masuk sekolah para siswa dikembalikan ke jadwal semula yakni pukul 07.00 Wita.

Sementara itu di Batam, Polda Kepri memanggil Erlita, istri Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad.

Erlita diperiksa terkait kegiatannya membantu di dapur umum saat terjadi unjuk rasa warga Pulau Rempang pada 11 September 2023.

Video yang kegiatan Erlita kala itu beredar di media sosial.

Dua berita tersebut menjadi perhatian pembaca Kompas.com dan berikut lima berita populer Nusantara:

1. Siswa NTT tak lagi masuk pukul 05.30 pagi

Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia Kalake resmi menghentikan kebijakan masuk sekolah pukul 05.30 Wita di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (21/9/2023).

Setelah kebijakan yang diterapkan di era mantan gubernur NTT Vicktor Laiskodat tersebut dicabut, kini jam masuk sekolah para siswa dikembalikan ke semula yakni pukul 07.00 Wita.

Keputusan tersebut diambil setelah Ayodhia mengunjungi sekolah-sekolah yang menerapkan kebijakan masuk sekolah pukul 05.30 Wita dan berdialog.

Tak hanya menghentikan kebijakan tersebut, dia juga akan mempelajari kebijakan jam belajar tiga negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia

"Ada tiga negara yang kami pelajari yakni Finlandia, Jepang, dan Jerman," ungkap Ayodhia.

Aiptu Panut sudah mengenal calon istrinya, Raden Rany Yasmina sejak belasan tahun lalu. Pernah putus hubungan, hingga sampai akhirnya sepakat menikah akhir tahun ini.

Ia dikenal sebagai polisi paling senior yang sebentar lagi akan purna tugas sebagai anggota Polri.

Panut bercerita mengenal Rany saat bertugas di Jakarta Selatan. Kala itu Ranu bekerja di sebuah perusahan asing.

Hubungan keduanya renggang saat Panut pindah ke Polres Bantul. Panut sempat mencari Rany melalui media sosial.

Hingga akhirnya Rany menghubunginya dan Panut pun mengajak perempuan yang ia cintai untuk menikah.

"Silakan saja, itu haknya. Itu lebih bagus kalau perintah pengadilan untuk Rektor silakan cetak ijazah baru, itu kan memberikan kekuatan bagi saya untuk cetak," ujar Maxs kepada Kompas.com, Jumat (20/9/2023).

Maxs mengaku ijazah yang sudah dicetak dan diambil, dipastikan tidak merugikan para alumni.

"Karena kita sekarang tidak lagi berbicara soal gelar dan ijazah namun soal kompetensi, kamu bisa apa? Sehingga kadang orang bilang enggak usah kuliah yang penting kita belajar mandiri dan keterampilan untuk menguasai kompetensi," katanya.

Erlita diperiksa terkait kegiatannya membantu di dapur umum saat terjadi unjuk rasa warga Pulau Rempang pada 11 September 2023.

Video kegiatan Erlita kala itu beredar di media sosial.

“Benar, kan kemarin sudah saya sampaikan bawah undangannya Jumat kemarin (15/9/2023), dan itu hanya klarifikasi saja terkait video yang beredar saat istri saya membantu dapur umum untuk masyarakat Pulau Rempang,” kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad melalui telepon, Jumat (22/9/2023).

Amsakar juga mengaku saat itu sempat menemani istrinya ke Mapolda Kepri untuk memenuhi undangan tersebut.

“Jadi sekali lagi saya katakana, hal itu hanya dimintai keterangan dan klarifikasi saja, tidak ada yang lain,” sebut Amsakar.

Pakan ternak tersebut bernama Azolla Herbal dan Bima yang diproduksi di Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Pakan ternak ini semua dikerjakan oleh mahasiswa disabilitas yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Difabel (Kamadifa) UM Purworejo.

Suwardi (43), mahasiswa pencipta pakan ternak ini mengatakan, produk yang diciptakannya itu terbuat dari bahan-bahan herbal.

"Kita memproduksi Azolla Herbal, yang berguna untuk mencegah stunting pada ternak dan menjaga ternak tidak mudah terserang penyakit," kata Suwardi saat ditemui disela-sela kegiatannya di Kampus UM Purworejo pada Kamis (21/9/2023).

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Sigiranus Marutho Bere, Hadi Maulana, Bayu Apriliano | Editor: Phytag Kurniawati, Maya Citra Rosa, Teuku Muhammad Valdy Arief, Dita Angga Rusiana)

https://regional.kompas.com/read/2023/09/23/060700278/-populer-nusantara-siswa-di-ntt-tak-lagi-masuk-sekolah-pukul-05.30-pagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke