Salin Artikel

Punya Stok Padi untuk 100 Tahun, Warga Baduy Tak Khawatir Kemarau Panjang

Kepala Desa Kanekes, Saija, mengatakan sudah sekitar empat bulan hujan tidak turun di Kanekes.

Alhasil mempengaruhi aktivitas bertani termasuk menanam padi, yang menjadi mata pencarian utama warga Baduy.

Saat kemarau, menanam padi di Baduy tetap dilakukan sesuai kalender adat, walaupun hasilnya diperkirakan kurang maksimal karena tidak turun hujan.

Namun demikian, menurut Saija, hal tersebut tidak membuat warga Baduy khawatir terhadap persediaan beras, karena seluruh warga Baduy punya cadangan hingga ratusan tahun.

"Kami menyimpan padi di leuit (lumbung) setiap warga minimal punya satu, dan satu leuit bisa mencukupi hingga 100 tahun," kata Saija kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (19/9/2023).

Padi yang disimpan di leuit bisa bertahan hingga ratusan tahun tanpa rusak. Hal ini, kata Saija, karena padi yang ditanam oleh warga Baduy merupakan padi huma tanpa pupuk dan bahan kimia lain.

"Jadi padinya awet, asal jangan bocor saja leuitnya," kata dia.

Satu leuit yang kecil bisa menampung hingga 500 ikat padi, sementara leuit besar bisa ribuan ikat dengan masa waktu simpan bisa lebih lama.


Menurut Saija, saat ini ada sekitar 7.000 leuit yang tersebar baik di Baduy Dalam maupun Baduy Luar dan dimiliki oleh sekitar 3.000 kepala keluarga warga Baduy.

Saija, mengatakan, warga Baduy sendiri tidak menjual beras yang dimilikinya karena dilarang oleh adat.

Padi yang disimpan di leuit pun digunakan sebagai cadangan dan akan diolah saat-saat tertentu seperti hajatan atau saat darurat.

Sementara untuk penggunaan sehari-hari, warga menyisihkan padi yang dipanen untuk persediaan hingga masa panen berikutnya.

"Jadi, orang Baduy walaupun kemarau panjang tidak akan kelaparan karena ada stok," kata Saija.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/19/103905578/punya-stok-padi-untuk-100-tahun-warga-baduy-tak-khawatir-kemarau-panjang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke