Salin Artikel

Siswa SMAN 8 Pekanbaru Raih Perak IOI di Hungaria, Syamsuar: Siswa Terbaik Kedua di Dunia

KOMPAS.com- Gubernur Riau Syamsuar memberikan apresiasi kepada Vannes Wijaya, siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Pekanbaru yang berhasil meraih medali perak Olimpiade Komputer Internasional atau Olympiad in Informatics (IOI) di Hungaria.

"Vannes merupakan salah siswa terbaik kedua di dunia dan tahun lalu juga terbaik kedua di dunia saat mengikuti olimpiade (IOI) di Jogja," kata Syamsuar saat bersilaturahmi Vannes di Rumah Dinas Gubernur Riau, Rabu (6/9/2023), seperi dalam siaran persnya.

Menurut Syamsuar, pencapaian Vannes tersebut telah berhasil mengharumkan nama Bumi Melayu Lancang Kuning di kancah dunia.

"Saat ini, Vannes berhasil diterima di salah satu kampus terbaik Singapura tanpa tes," kata Syamsuar

Sebagai informasi, Vannes sukses meraih medali perak IOI di Hungaria. Kepulangannya ke Riau pun disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Riau, H Kamsol di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK), Pekanbaru, Selasa (5/8/2023).

"Kesuksesan Vannes menjadi kebanggaan besar bagi Provinsi Riau dan Indonesia," ujar Kamsol.

Lebih lanjut, Kamsol mengungkapkan Vannes tidak hanya sukses sebagai peraih medali perak, tetapi juga mendapat beasiswa penuh dari Nanyang University Singapura tanpa proses seleksi.

"Vannes baru menamatkan pendidikan SMA-nya, dia akan berangkat ke Singapura pada 7 September mendatang," tambah Kamsol.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/06/164633278/siswa-sman-8-pekanbaru-raih-perak-ioi-di-hungaria-syamsuar-siswa-terbaik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke