Salin Artikel

Tinta Gambir Buatan Universitas Andalas Digunakan pada Pemilu 2024

Pengumuman ini dilakukan melalui laman Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) pada 30 Agustus 2023.

"Ini sangat membanggakan karena 90 persen provinsi di Indonesia pada penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang berkesempatan untuk memanfaatkan tinta Pemilu yang merupakan hasil inovasi anak bangsa," kata Rektor Unand Yuliandri kepada Kompas.com, Jumat (1/9/2023).

Menurut Yuliandri, untuk memenuhi enam zona yang dimenangi meliputi 35 provinsi ini akan diproduksi 1 juta botol tinta.

Yuliandri menyebutkan, sebelumnya Unand telah bekerja sama dengan PT Kudo Indonesia Jaya dalam hal produksi tinta.

Hasil penelitian Unand terhadap tinta gambir berupa Gambir Cube akan dipasok ke PT Kudi Indonesia Jaya sebagai pihak yang memproduksi tinta tersebut.

Melalui kerja sama ini, kata Yuliandri, juga memberi manfaat bagi Universitas Andalas dalam bentuk perjanjian lisensi atas kekayaan intelektual yang digunakan untuk menghasilkan tinta organik untuk Pemilu tersebut.

“Hal ini menjadi suatu contoh sinergi yang sangat baik di mana suatu institusi pendidikan tinggi dan dunia usaha, bekerja sama untuk menghasilkan suatu produk inovatif yang menitikberatkan kepada pemanfaatan sumber daya alam Indonesia yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Yuliandri.

Yuliandri mengatakan, Universitas Andalas bersama PT Kudo sebagai penyedia produsen tinta berupaya meningkatkan nilai tambah dari sumber daya alam yang ada di Indonesia, khususnya gambir, untuk menjadi produk yang memiliki daya saing dan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat pada umumnya dan petani pada khususnya.

“Atas nama Universitas Andalas, kami sangat bersyukur atas pengumuman hasil tender yang telah dilakukan KPU,” jelas Yuliandri.

Senada dengan itu, Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas Muhammad Makky menuturkan, selama ini, tata niaga gambir belum memberikan dampak langsung pada masyarakat khususnya petani gambir yang tersebar di berbagai provinsi.

“Lebih kurang diperlukan enam ton gambir cube untuk bahan baku tinta, artinya akan ada 25-30 ton kebutuhan daun gambir untuk memproduksi bahan tinta tersebut,” jelas Makky.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/01/132749178/tinta-gambir-buatan-universitas-andalas-digunakan-pada-pemilu-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke