Salin Artikel

Wisatawan Asal Jakarta Alami Hipotermia di Gunung Gamalama Ternate

TERNATE, KOMPAS.com — Wisatawan asal Jakarta dilaporkan mengalami hipotermia di puncak Taman Love, Gunung Gamalama, Ternate, Maluku Utara, Selasa (29/08/2023).

Wisatawan bernama Salwa (21) tersebut meminta bantuan tim SAR untuk dilakukan evakuasi.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman mengatakan, pihaknya menerima laporan adanya wisatawan yang mengalami hipotermia pada pukul 20.30 WIT. Pihaknya lalu mengirimkan tim untuk mengevakuasi wisatawan tersebut.

Sesuai laporan yang diterima, korban berangkat dari penginapan dengan tujuan puncak Taman Love, Gunung Gamalama, Kota Ternate, pada pukul 16.30 WIT.

"Hanya saja, cuaca hujan dan dingin terjadi di wilayah Kota Ternate, korban pun langsung mengalami hipotermia dari jam 19.00 WIT," katanya.

Fathur mengatakan, setelah mendapat laporan kejadian, Basarnas Ternate berkoordinasi dengan masyarakat di Kelurahan Moya, Kecamatan Ternate Tengah, menanyakan perihal kebenaran adanya wisatawan yang mengalami hipotermia.

Selanjutnya, satu Tim Rescue Basarnas Ternate bergerak menuju lokasi dengan membawa peralatan SAR darat untuk melakukan evakuasi terhadap korban.

Sementara, unsur yang terlibat di antaranya Tim Rescue Kansar Ternate, Damkar Kota Ternate, PMI Kota Ternate dan masyarakat setempat.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/30/055132278/wisatawan-asal-jakarta-alami-hipotermia-di-gunung-gamalama-ternate

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke