Salin Artikel

10 Kedai Es Krim Legendaris di Indonesia, dari Tip Top, Ragusa, hingga Zangrandi

KOMPAS.com - Kuliner es krim sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak zaman penjajahan sebagai kudapan dingin yang manis dan nikmat.

Tak hanya disukai anak-anak, orang dewasa hingga lansia juga menggemari cita rasa es krim yang lembut ini.

Pecinta es krim tentunya tahu bahwa ada beberapa kedai es krim yang telah lama berdiri dan melegenda.

Tersebar di berbagai daerah, berbagai kedai es krim legendaris ini wajib dikunjungi jika Anda tengah berwisata atau bertandang ke daerah tersebut.

Tak hanya memiliki cita rasa otentik, beberapa juga memiliki bentuk sajian khas yang hanya dapat ditemui di tempat tersebut.

1. Restoran Tip Top (Medan)

Restoran Tip Top adalah tempat makan yang menyajikan es krim legendaris dan sudah terkenal di Kota Medan.

Untuk membuat es krim, Tip Top masih menggunakan mesin pembuat es krim yang digunakan sejak 1934 dengan resep dan cara mengolah bahan yang tidak berubah sejak 1934.

Tip Top berdiri sejak 1929 dengan nama Jang Kie, sesuai nama pemiliknya. Jang Kie kemudian berganti nama menjadi Tip Top dan pindah ke Jl. Ahmad Yani nomor 92 A-B.

2. Es Krim Ria (Medan)

Es Krim Ria adalah salah satu gerai es krim di Medan yang terkenal dengan ragam es krim dengan klasik yang bisa membawa pengunjungnya bernostalgia.

Gerai es krim yang sudah berdiri sejak tahun 1936 ini menyediakan berbagai macam varian es krim, diantaranya adalah es krim soda, es krim wafer, es alpukat, longan dan lainnya.

Lokasi Es Krim Ria berada di Jalan Surabaya No.22C/28, Pasar Baru, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan.

3. Es Krim Ragusa (Jakarta)

Es Krim Ragusa atau Ragusa Italian Ice Cream adalah salah satu kedai es krim legendaris yang berdiri pada 1932 dan masih eksis hingga saat ini.

Menurut penuturan pemilik Ragusa Italian Ice Cream, Hj Sias Mawarni kepada Kompas.com (23/10/2021), semua menu es krim Ragusa dibuat dari seratus persen susu.

Beberapa menu yang wajib coba adalah Chocolate Sundae, Tutti Frutti, Cassata Siciliana, Banana Split, dan Spaghetti Ice Cream.

Lokasi Ragusa Italian Ice Cream ada di Jalan Veteran I Nomor 10, Gambir, Jakarta Pusat.

4. Restoran Braga Permai (Bandung)

Restoran Braga Permai di Bandung dikenal dengan berbagai macam hidangan tempo dulu termasuk es krim.

Berdiri sejak 1923, restoran yang menjadi restoran favorit Gubernur Hindia Belanda saat itu memang memiliki cita rasa otentik.

Restoran Braga Permai berlokasi di Jalan Braga Nomor 5, Kota Bandung.

5. Es Brasil (Purwokerto)

Es Brasil adalah kedai es krim legendaris di Purwokerto yang masih menyediakan berbagai menu es krim jadul hingga kekinian.

Es Brasil yang berdiri sejak 1968 mulanya dikenal sebagai es keliling yang dibungkus plastik dengan berbagai rasa dan ukuran.

Terbuat dari buah asli dan tanpa pengawet, nama Es Brasil semakin dikenal dan melegenda, hingga kerap dijadikan buah tangan.

Kini Es Brasil tidak hanya menjual es lilin tapi juga es krim dengan berbagai kemasan dengan rasa yang tak kalah nikmat.

Lokasi kedai Es Brasil berada di Jalan Jenderal Suprapto Nomor 25, Kauman Lama, Purwokerto.

6. Toko Oen (Semarang)

Di sudut Kota Lama Semarang, terdapat kedai es krim legendaris yaitu Toko Oen yang berdiri sejak 1936.

Meski sudah lama berdiri, namun cita rasa es krim yang disajikan tidak berubah karena masih menggunakan mesin produksi yang digunakan sejak lama.

Dua mesin berpendingin yang khusus didatangkan dari Italia ini terbilang jadul serta memakan waktu pembuatan yang sangat lama.

Toko Oen yang legendaris ini berada di Jalan Pemuda No. 52, Kota Semarang.

7. New Es Krim Tentrem (Solo)

New Es Krim Tentrem yang berdiri sejak tahun 1953 awalnya membuka kedainya di kawasan Kepatihan, Jebres.

Varian menu es krim yang bisa dipesan juga sangat beragam, mulai dari es krim biasa hingga yang disajikan dengan variasi rasa.

Saat ini kedai New Es Krim Tentrem berada di kawasan simpang Ngarsopuro, tepatnya di Jl. Slamet Riyadi No. 132, Keparbon.

8. Es Krim Mahkota (Magelang)

Toko Roti dan Es Krim Mahkota berdiri diketahui berdiri sebelum 1936 dan mulai membuat es krim pada 1950.

Es krim yang dijual masih menggunakan resep kuno dengan bahan baku premium, namun tanpa ada tambahan bahan kimia seperti pengawet atau pemanis buatan.

Cita rasa otentik es krim Mahkota ini membuat banyak orang penasaran dan rela datang jauh-jauh ke magelang hanya untuk menikmatinya.

Toko Roti dan Es Krim Mahkota berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 41, Magelang, Jawa Tengah.

9. Es Krim Tip Top (Yogyakarta)

Es Krim Tip Top adalah kedai es krim legendaris di Yogyakarta yang berdiri sejak 1936.

cita rasanya yang masih asli dari sekitar sekitar 18 lebih menu es krim bisa dipilih saat singgah di kedai es krim ini.

Kedai Es Krim Tip Top tidak membuka cabang dan hanya bisa dikunjungi di Jalan Kebonsari No 2.

10. Es Krim Zangrandi (Surabaya)

Zangrandi adalah kedai es krim legendaris sekaligus yang menjadi salah satu ikon kuliner di Surabaya. Kedai es krim ini berdiri sejak 1930-an dan

Es Krim Zangrandi dibangun oleh keluarga Roberto Zangrandi, seorang Italia yang menetap di Hindia Belanda dan kemudian membuat kedai es krim di Surabaya.

Meski es krim nya laris manis dan disukai oleh masyarakat, namun pada 1960, keluarga Zangrandi harus kembali ke negara asalnya.

Kedai es krim tersebut lantas dibeli oleh Adi Tanumulia yang kemudian meneruskan usaha tanpa merubah brand es krim tersebut hingga saat ini.

Ciri khas dari es krim Zangrandi adalah es krim buatan sendiri (homemade) dari bahan-bahan alami yaitu susu sapi segar, gula pasir, dan buah-buahan, serta tanpa perasa buatan.

Es Krim Zangrandi beralamat di pusat Kota Surabaya tepatnya di Jalan Yos Sudarso Nomor 15.

Sumber:
tribunnews.com 
medan.tribunnews.com
travel.tribunnews.com 
travel.tribunnews.com. 
travel.tribunnews.com 
travel.tribunnews.com 
surakarta.go.id 
Kompas.com (Penulis : Krisda Tiofani, Riska Farasonalia, Editor : Yuharrani Aisyah, Kahfi Dirga Cahya, Silvita Agmasari)

https://regional.kompas.com/read/2023/08/28/225725678/10-kedai-es-krim-legendaris-di-indonesia-dari-tip-top-ragusa-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke